0
109

Ngerem Pakai Berapa Jari Tidak Penting, Ini Yang Penting Sob…

Gilamotor.com – Kita sering melihat perdebatan berapa jari yang benar saat menekan tuas rem pada sepeda motor. Ada yang bilang hanya dua jari, ada juga yang bilang kalo ngerem itu harus empat jari, yang penting jangan lima jari ya.. repot sob. Sebenarnya yang ideal dan aman itu yang seperti apa sih? Nah, kebetulan Bang Gilmot lagi ada di daerah Bali neh kita coba langsung tanya sama ahlinya dari Dewata Road Safety yaitu bro Reza Mendrian Syaputra.

Tapi sebelum ke topik permasalahan, ada beberapa hal yang harus dipahami mengenai sistem pengereman pada kendaraan.  Menurut Reza, fungsi dasar dari sistem pengereman pada kendaraan adalah untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda. Hal ini yang kemudian menyebabkan kandaraan mengalami perlambatan.

“Saat melakukan pengereman, bagian dari kendaraan yang akan mengalami perlambatan terlebih dahulu adalah bagian roda kendaraan, ini yang kemudian menyebabkan kendaraan mengalami perlambatan “. 

Pengereman yang aman harus selalu direncanakan dan dilakukan dengan kesadaran penuh agar aktifitas pengereman aman dan efektif. Kecelakaan biasanya terjadi karena pengendara tidak siap dan dilakukan dengan tidak sadar. 

“Kalo mau ngerem, pastikan pengereman dilakukan dengan sadar dan terencana agar tidak terjadi gerakan yang tiba-tiba seperti refleks, ini bahaya karena kita gak punya kontrol. Gerak refleks adalah gerakan yang berdasarkan respon tanpa diolah oleh otak manusia, refleks ini gak bisa dikontrol”, tambah pria bertubuh jangkung ini.

Nah balik ke pertanyaan berapa jari sih idealnya saat menekan rem depan? Reza menjelaskan bahwa jika bicara ideal, dua jari sebenarnya cukup yaitu menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Jari telunjuk digunakan sebagai kontrol karena gerak ototnya cenderung lebih mudah dikontrol dan jari tengah untuk power. 

Menarik tuas rem sepeda motor dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk. Foto: motorcycletraining.com

“Untuk kondisi normal cukup dengan dua jari saja, jari telunjuk dan jari tengah sudah cukup. Jari telunjuk  untuk kontrol dan jari tengah untuk kekuatan atau power. Itu kalo kondisi normal, untuk beberapa kondisi bisa saja menggunakan tiga atau empat jari jika dirasa perlu, bahkan bisa saja dengan satu jari menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan”, tambahnya

Seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel, poin utama dari pengereman yang aman dan benar adalah kesadaran dan perencanaan yang baik. Kapan mau ngerem dan seberapa kekuatan rem menjadi kunci utama. Hal ini penting agar traksi ban tetap maksimal sehingga tidak terjadi slip dan jarak pengereman akan semakin dekat.