Yamaha Byson FZ-S FI. Foto: Yamaha Motor India
0
84

Yamaha Byson Hadir Dengan Fitur ABS dan LED

Pabrikan motor asal Jepang yaitu Yamaha baru saja meluncurkan versi penyegaran dari salah satu varian entry level mereka yang bergaya street fighter yaitu Yamaha Byson. Namun sayangnya bukan Yamaha Byson Yang dijual di Indonesia melainkan Yamaha Byson yang dijual di India.

Penerus dari Yamaha Byson FI yaitu Yamaha FZ-S FI MY 2022 hadir dengan beberapa tambahan fitur baru yaitu lampu LED dan juga penambahan fitur pengereman ABS (Anti Lock Braking System).

Lampu LED pada bagian lampu depan dan belakang Yamaha Byson. Foto: Yamaha Motor India
Fitur ABS pada Yamaha Byson. Foto: Yamaha Motor India

Yamaha Byson yang di rilis di India ini dibekali dengan mesin satu silinder berkapasitas 149 cc 4-tak SOHC. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga puncak sebesar 12,4 horse power pada 7.250 rpm. Kemudian mesin ini memiliki torsi puncak 13,3 Nm pada 5.500 rpm. Dengan tenaga dan torsi tersebut ditambah dengan bobot yang hanya 135 kg, tentu membuat motor ini jadi lebih responsif.

Nah untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih aman dan nyaman lagi serta membuat lebih terlihat sporty, Yamaha menyematkan velg berukuran 17 inci di bagian depan dan belakang. Ban bagian depan menggunakan ukuran 100/80/17. Sedangkan bagian belakang menggunakan ban berukuran 140/60/17.

Bicara soal desain, Yamaha FZ-S FI memiliki jok dengan model step up. Model jok tersebut diklaim mampu memberikan posisi duduk yang nyaman. Kemudian fitur baru yang disematkan yaitu lampu depan LED membuat visibilitas saat berkendara. 

Model jok yang diklaim mampu memberikan posisi duduk yang nyaman di Yamaha Byson. Foto: Yamaha Motor India

Untuk memberikan kesan nyaman, Yamaha menyematkan LCD Cluster Meter yang memiliki latar berwarna hitam dengan huruf putih. Speedometer digital, tachometer bergaya bar di atas, dan pengukur bahan bakar terus ditampilkan, bersama dengan lampu peringatan ABS sementara odometer, Trip 1, Trip 2, Trip F, jam, dan lainnya dapat dipilih untuk ditampilkan. Ada juga indikator ECO untuk memungkinkan pengendaraan yang lebih hemat bahan bakar.

Negative LCD Instrument Cluster pada Yamaha Byson. Foto: Yamaha Motor India

Yamaha menyediakan FZ-S FI dalam beberapa pilihan warna yaitu Dark Matte Blue dan Matte Red. Untuk memboyongnya ke rumah anda, Yamaha membandrol motor ini dengan harga sekitar Rp 22 jutaan. Namun sayang, hingga saat ini, Byson yang dijual untuk pasar Indonesia masih belum memberikan penyegaran untuk streetfighter jenis ini.