0
128

Honda Giorno, Skutik Unik Bergaya Klasik

Gilamotor.com – Salah satu pabrikan motor asal Jepang yaitu Honda baru saja meluncurkan salah satu motor dengan jenis skutik yaitu Honda Giorno. Honda Giorno ini diluncurkan khusus untuk pasar Jepang. Menariknya, Honda Giorno ini memiliki desain yang begitu kompak dan juga diklaim oleh honda memiliki konsumsi bbm yang sangat irit melebihi Honda BeAT.

Honda Giorno terlahir memiliki desain ala skuter retro seperti Scoopy yang sudah lama mengaspal di Indonesia. Namun tarikan garis dari Honda Giorno ini jauh lebih membulat dibandingkan dengan Honda Scoopy. Hal tersebut bisa kita lihat pada bagian spakbor depan yang jauh lebih bulat dibandingkan dengan Honda Scoopy.

Nah Honda Jepang menawarkan beberapa warna baru yang bisa dipilih oleh masyarakat Jepang yaitu Virgin Beige, Pearl Deep Mud Grey, Matte Armored Green Metallic dan juga Summer Pink. Oh ya kesan retro pada motor ini dapat juga kita lihat pada bagian lampu depan yang memiliki desain bulat serta lampu sein juga berbentuk bulat. Sepintas memang lampu ini mirip dengan Vespa LX namun dengan sein di bagian samping lampu utama.

Pilihan Warna dan Tampilan Honda Giorno. Foto: Honda Japan

Bicara soal dimensi, Honda Giorno memiliki dimensi yang lebih mungil dibandingkan dengan Honda BeAT. Ukuran Panjang dari honda Giorno 1.877 mm, kemudian lebarnya 669 mm, dan tingginya adalah 1.074 mm. Ground clearance dari Honda Giorno adalah 147 mm sedangkan tinggi jok dari aspal adalah 740 mm. Jadi motor ini bisa dibilang cukup ramah untuk orang orang yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi.

Meski Honda Giorno memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan Honda BeAT, motor ini memiliki banyak kompartemen penyimpanan. Dibagian bawah jok, terdapat ruang penyimpanan sebesar 20 liter. Nah selain itu terdapat juga kotak penyimpanan di bagian kanan dan juga kiri yang dilengkapi dengan penutup. 

Nah yang menjadi unggulan dari Honda Giorno adalah konsumsi bbmnya yang mampu mencapai 80 kilometer hanya dengan menghabiskan 1 liter bensin saja. Nah yang membuat motor ini begitu irit adalah kapasitas mesin yang relatif kecil yaitu hanya 50cc saja. Mesin 50cc berkode AF74E tersebut memiliki tenaga puncak sebesar 4,5 PS pada 8000 rpm dan torsi 4.1 Nm pada 6000 rpm. Selain mesin berkapasitas kecil, salah satu faktor yang membuat motor ini begitu irit adalah sistem suplai bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi PGM-FI.

Honda Jepang membanderol Honda Giorno ini seharga 209.000 Yen atau sekitar Rp 25 Jutaan.