0
170

Kawasaki Ninja zx25r, Spek Detail Modifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Motor Ninja zx25r keluaran Kawasaki sudah banyak menarik minat para penggemar motor sport sejak pertama kali dirilis pada Juli 2020 lalu. Alasannya apa lagi kalau bukan karena tersedianya tipe SE atau Special Edition dengan berbagai modifikasi yang ciamik. Artikel ini akan membahas tentang spek detail modifikasi beserta kelebihan dan kekurangannya!

Baca juga artikel : Harga Motor Ninja ZX25R Baru, Fitur & Teknologi Lebih Modern

 

Kawasaki Ninja zx25r, Spek Detail Modifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Kawasaki Ninja zx25r tipe Special Edition memiliki beberapa perbedaan dari tipe Standar-nya, yaitu adanya penambahan grafis warna dan beberapa fitur serta aksesoris terbaru, seperti KQS dua arah, rem ABS, smoked windshield, pillion seat cover, wheel rim tape, dan frame slider.

Tipe Standard hanya tersedia dalam warna hitam, sementara tipe Special Edition memiliki 3 pilihan warna lainnya. Harga yang dibanderol pun berbeda, untuk tipe Standard ada di kisaran harga 95 jutaan, sementara tipe Special Edition bisa memiliki harga 15 juta di atasnya.

 

Baca juga artikel terkait Kawasaki Ninja zx25r:

 

Semua tipe Kawasaki Ninja zx25r sudah dilengkapi berbagai teknologi elektronik bawaan khas Kawasaki, seperti KQS atau Kawasaki Quick Shifter, Power mode, dan KTRC atau Kawasaki Traction Control. Sementara untuk mesinnya, menggunakan mesin kaliber 250 cc DOHC 4 silinder satu garis. Ini membuat motor ini bisa menghasilkan daya hingga mendekati 50 hp.

 

Berikut adalah spesifikasi bawaan dari Kawasaki Ninja zx25r:

Dimensi Kendaraan

  • Panjang, Lebar, Tinggi: 1980 mm, 750 mm, 1110 mm
  • Sumbu roda: 1380 mm
  • Tinggi tempat duduk: 785 mm
  • Jarak terendah ke tanah: 125 mm
  • Berat basah: 180 kg untuk tipe Standard dan 182 kg untuk tipe Special Edition

 

Spek Detail Modifikasi Kawasaki Ninja zx25r Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sejak sebelum dirilis, pihak Kawasaki sudah merilis foto tampilan baru motor Kawasaki Ninja zx25r yang sudah dalam kondisi full modifikasi dengan aksesoris lengkap. Dari fotonya saja sudah bisa dilihat kalau Kawasaki Ninja zx25r ini ternyata masih bisa bertransformasi lagi hingga menjadi seperti model motor balap yang keren.

 

Baca juga artikel lainnya terkait motor Ninja zx25r:

 

Di bawah ini adalah beberapa detail spek yang bisa kamu modifikasikan pada Kawasaki Ninja zx25r milikmu, baik itu tipe Standard ataupun Special Edition. Para pecinta motor sport wajib baca sampai akhir nih!

 

  1. Knalpot

Knalpot asli bawaan Kawasaki Ninja zx25r adalah knalpot model underbelly dengan tabung yang besar. Jenis knalpot ini sengaja dipilih untuk penggunaan di jalan raya biasa karena posisinya tersembunyi di bagian bawah mesin motor dan modelnya unsilenced.

Untuk modifikasinya, kamu bisa menggunakan merk lain selain Kawasaki yang memiliki desain full system 4-2-1 dengan jenis muffler atau silencer yang pendek.

Knalpot model baru ini akan bisa mengeluarkan suara yang padat seperti moge atau motor besar begitu mesin dinyalakan. Ketika tuas gas diputar beberapa kali, api biru akan muncul di luar muffle dan menyebabkan keluarnya suara khas yang sangat gahar dan mantap.

Atau, kamu juga bisa memodifikasi ala motor balap sungguhan dengan memilih knalpot full system model panjang yang memiliki silencer yang cukup besar.

 

  1. Bodywork

Bodi bawaan Kawasaki Ninja zx25r terlihat mirip dengan pendahulunya yaitu Ninja 250 2 Silinder, dengan beberapa perbedaan. Contohnya adalah adanya winglet di bawah lampu depan dan lubang ram air di atasnya. Selain itu karena ukuran mesin yang lebar, bagian fairing samping pun terlihat sedikit menggembung.

Jarak antara fairing dan mesin cukup dekat, jadi kamu akan melihat kalau fairing pada Kawasaki Ninja zx25r ini sengaja dibuat berlubang dan tidak terlalu rapat supaya mesin tidak cepat panas.

Untuk modifikasi dari segi bodywork atau bagian badan motor, ada seperangkat cover bodi berbahan karbon yang bisa ditambahkan meliputi bagian motor dari fairing depan sampai bodi bagian samping dan belakang. Kamu juga bisa menambahkan detail yang serupa pada bagian cover tangki bahan bakar, spakbor, dan pelindung rantai.

Secara keseluruhan, cover bodi ini sebenarnya tidak terlalu merubah tampilan motor, grafis striping pada bodi juga masih tetap sama. Tapi, kamu bisa bermain-main dengan pilihan warna, misalnya fairing bisa diganti dengan warna dasar silver dan grafis berwarna copper dan hitam.

Kalau ingin modifikasi yang lebih mirip seperti motor balap sungguhan, kamu bisa menutup sepenuhnya bagian lampu depan dan buritan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris original resmi dari Kawasaki Ninja zx25r. Beberapa contohnya adalah windshield, single seat cover, tank pad, dan jok tipe sport. Untuk windshield bisa dibuat jadi lebih racy dan cembung.

Perbedaan yang sedikit mencolok mungkin ada di bagian cover untuk tangki bahan bakar. Cover ini akan melingkupi seluruh bagian tangki bensin, sehingga membuatnya terlihat lebih tinggi. Untuk bagian belakang motor, dibandingkan desain awalnya, bisa dibuat jadi lebih ringkas dengan menggabungkan lampu sein dengan tempat plat nomor dengan tail tidy.

 

  1. Rem dan Stang

Pada bagian rem, kamu bisa menambahkan hand guard dari bahan serat karbon. Sementara untuk bagian stangnya, bisa diganti dengan stang clip-on yang posisinya lebih rendah dari normalnya. Posisi stang baru ini akan bisa menunjang posisi ergonomis yang meningkatkan kenyamanan pengendara.

Selanjutnya, untuk master rem dan clutch perch kit bisa diganti dengan ukuran diameter piston 14 mm. Rem depan juga bisa diganti dengan model radial empat piston.

 

  1. Cakram dan Velg

Untuk cakram, bisa menggunakan cakram floating berdiameter 310 yang akan sangat cocok dengan desain velg dari Kawasaki Ninja zx25r. Velg-nya sendiri juga masih bisa diganti dengan tipe yang lebih lebar dan ringan.

Nantinya velg belakang ini posisinya bisa lebih tinggi 1 inci dibandingkan dengan desain awalnya. Velg baru ini juga akan membuat bobot total motor jadi turun hingga sekitar 1,3 kg. Ini karena rangka velg menggunakan konstruksi aluminium yang biasanya sering digunakan pada motor balap.

 

  1. Suspensi

Model suspensi belakang bawaan dari Kawasaki Ninja zx25r posisinya horizontal back-link yang berarti sudut kemiringannya hampir horizontal. Kamu bisa menambahkan suspensi monoshock di bagian belakang ini dengan tipe yang menggunakan hidrolik preload adjuster.

Suspensi baru ini akan lebih ciamik karena bisa menambah kestabilan motor ketika diajak menikung kencang, tapi tidak perlu khawatir karena motor diklaim akan tetap nyaman ketika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Baca artikel lainnya terkait Kawasaki:

 

Secara keseluruhan, modifikasi dari Kawasaki Ninja zx25r ini sebagian besar terhitung sangat berhasil membuat tampilan motor yang sudah sporty ini menjadi semakin garang dan apik. Tidak hanya itu, modifikasi ini juga bisa membuat bobot total motor justru lebih ringan dari sebelumnya sehingga tentunya sangat menguntungkan.

Untuk kamu yang tertarik memodifikasi Ninja kesayanganmu, tidak perlu khawatir karena semua spek modifikasi ini umumnya tersedia dalam model PnP (plug and play) alias kamu hanya tinggal langsung memasangnya saja. Selamat mencoba!