Keindahan sirkuit Mandlika. Foto: instagram.com/motogp
0
184

Kontrak MotoGP Dengan Sirkuit Mandalika Untuk 10 Tahun Ke Depan

Gilamotor.com – Akhirnya, Lombok lolos seleksi, dan dianggap menjadi salah satu destinasi yang sangat pantas untuk pagelaran balap dunia. Mandalika International Street Circuit lulus Homologasi A dari Federasi Motorsport Internasional (FIM). Menandakan kalau lokasi ini sudah sangat layak sebagai tuan rumah MotoGP dan kejuaraan balap lainnya. Bahkan digadang-gadang, Dorna selaku penyelenggara MotoGP sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan Sirkuit Mandalika, untuk 10 tahun ke depan.

Usai perhelatan MotoGP yang begitu seru dan sangat menarik, diimbuhi berbagai hal unik, pebalap beserta ratusan kru MotoGP pun mulai beringsut dari Sirkuit Mandalika, untuk melakukan persiapan seri ketiga yang bakal berlangsung di Termas de Rio Hondo, Argentina. Terlihat, Senin (21/3/2022), satu persatu kloter mulai meninggalkan Kota Lombok menuju Jakarta, dan selanjutnya Kembali ke negara masing-masing.

Aksi para pebalap ditengah hujan saat race MotoGP beralngsung. Foto: instagram.com/motogp

Senin kemarin para pebalap dan kru dijadwalkan pulang menggunakan 4 (empat) pesawat charter maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia dari Bandara Internasional Lombok. Sebelumnya, Minggu (20/3/2022) sebanyak 4 (empat) pesawat charter lain yang juga berisi pebalap dan kru MotoGP sudah diberangkatkan malam harinya, usai balapan diselenggarakan pada siang dan sore harinya.

Dikutip dari Autogear.id, Arif Haryanto Humas Angkasa Pura 1 mengatakan, tidak ada kendala dalam kepulangan pebalap dan kru MotoGP yang kemarin membalap di Mandalika. “Mulai pagi hingga sore hari itu, sebagian lainnya akan Kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat charter,” ujar Arif, Senin (21/3/2022).

Sebagai informasi, Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang berlangsung Minggu (20/3/2022), dimenangi pebalap RedBull KTM, Miguel Oliveira yang start dari urutan ketujuh dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Sementara peringkat kedua diraih Fabio Quartaro dari Monster Energy Yamaha dan posisi ketiga ditempati Johan Zarco dari Pramac Racing Ducati. 

Sementara jagoan Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan tak dapat mengikuti lomba lantaran mengalami kecelakaan highside. Ia terhempas dari motornya, dan dinyatakan tidak fit untuk menjalani balapan di MotoGP Mandalika. Dalam keterangan yang ditulis HRC, melalui akun instagram resminya, baik Marquez dan timnya, memang tak mau ambil risiko tinggi untuk balapan di Mandalika kali ini.

Marc Marquez yang terhempas disaat latihan membuat dirinya harus absen di ajang MotoGP Mandalika. Foto: Instagram.com/motoGP

Apalagi jelang balapan berlangsung, kondisi sirkuit sempat diguyur hujan deras, menjadikan balapan diwarnai wet race. Membuat risiko bagi pebalap asal Spanyol itu semakin besar. Kini Marquez dan tim masih berharap kondisinya segera membaik dan bisa tampil di ajang MotoGP Argentina, yang berlangsung awal April 2022 mendatang.