Foto: Dok. Aprilia.co.id
0
62

Aprilia Luncurkan Skutik SR GT 200, Siap Saingi Honda ADV 160

Segmen motor dengan jenis skutik berkapasitas cc besar memang menjadi incaran banyak masyarakat baik yang menggunakan untuk harian hingga untuk memenuhi hobby. Di Indonesia sendiri segmen tersebut sudah dihuni oleh beberapa produk mulai dari harga ekonomis hingga premium.

Baru-baru ini pabrikan motor asal Italia yaitu Aprilia meluncurkan skutik berkapasitas mesin besar mencapai 200 cc melalui Aprilia SR GT 200. Skutik yang menawarkan desain sporty dan performa yang pas untuk petualangan tersebut siap disandingkan dengan skutik besar buatan Honda yaitu Honda ADV 160.

Aprilia yang begitu kental dengan aura sporty lantaran banyak meluncurkan motor sport yang mampu digunakan untuk kecepatan tinggi, skutik ini pun memiliki aura yang sama. Desain khas Aprilia dengan tiga buah lampu LED sebagai penerangan utama di malam hari pun tersemat di skutik ini. 

Foto: Dok. Aprilia.co.id

Namun karena Aprilia menawarkan motor yang mampu digunakan untuk berpetualang, windshield besar yang dipadukan dengan body fairing ganda di bagian depan pun menempel pada motor ini. Aura motor yang siap diajak untuk bermanuver dengan bebas pun diperlihatkan melalui penggunaan stang dengan desain yang lebar.

Bergeser ke bagian samping, motor ini terlihat begitu ramping dengan overhang yang sedikit dikurangi. Kesan sporty juga masih terlihat dari bagian samping melalui garis-garis dinamis di bagian sampingnya. Bagian dek tengah terlihat unik karena seperti memiliki punuk yang cukup besar. Sedangkan pada skutik besar lain memiliki palang tengah yang tidak terlalu tinggi.

Aprilia SR GT 200 juga menampilkan kesan active dan ready melalui desain kursi yang sedikit ditarik ke belakang. Dengan desain kursi seperti itu, membuat pengendara akan merasa nyaman ketika berpetualang menggunakan skutik ini.

Pabrikan asal Italia ini membekali SR GT 200 dengan mesin i-Get satu silinder berkapasitas mesin 174 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 17 hp pada 8.500 rpm serta torsi puncak 16,5 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi CVT.

Foto: Dok. Autofun.co.id

Bergeser ke bagian kaki-kaki, skutik ini dibekali dengan suspensi long travel terbaru lengkap dengan velg berukuran 14 inci di bagian depan dan 13 inci di bagian belakang. Velg tersebut dibalut dengan ban berukuran 110/80 dan 130/70.

Tidak hanya dibekali spesifikasi itu saja, tapi skutik ini juga dilengkapi dengan beragam teknologi mutakhir. Skutik ini dibekali dengan fitur start/stop yang diberi nama RISS (Regulator Inverter Start & Stop System). Dengan adanya fitur tersebut mesin motor akan mati dalam waktu 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti. Ketika kita memutar gas, mesin akan otomatis langsung nyala.

Aprilia SR-GT 200 ditawarkan dalam dua pilihan tipe yaitu Standard dan Sport. Untuk SR-GT 200 Standar tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue. Masing-masing dipasangkan dengan foot peg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu perak. Sedangkan roda dan sadelnya berkelir hitam dengan jahitan abu-abu.

Sedangkan Aprilia SR-GT 200 Sport ditawarkan dengan pilihan warna Street Gold, Iridium Grey, dan Red Raceway. Semua warna tersebut dipadukan dengan velg bercat merah dan sadel dua warna hitam dan abu-abu yang dilengkapi dengan jahitan merah. Foot pegs abu-abu perak menampilkan huruf Aprilia, sedangkan kolom tengah dan samping berwarna hitam matte, dengan pegangan penumpang yang serasi dengan motor tersebut. Sebuah ‘a’ besar untuk fitur Aprilia juga ditambahkan di sisi perisai.