Foto: Dok. Humas.polri.go.id
0
70

Street Race Kolaborasi IMI & Polda Metro Jaya Kembali Digelar Pekan Ini

Program kolaborasi antara IMI dan Polda Metro Jaya yaitu Street Race Polda Metro Jaya akan segera digelar akhir pekan ini. Event seri ke-4 kali ini akan digelar pada 3-4 September 2022 di Jl. H. Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta.

IMI yang berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya menggelar program ini untuk mewadahi para penghobi balap motor yang masih kerap menjalankan aksi balap liar. Dimana saat ini masih sangat marak munculnya balap liar di beberapa lokasi di Jakarta.

Sebelum digelar di Kemayoran, Event ini sudah digelar 3 lokasi yaitu di Ancol, BSD, dan juga di Meikarta. Kemayoran dipilih menjadi arena adu kebut tersebut karena menurut Dirlantas Polda Metro Jaya memiliki area yang cukup memadai serta bisa mengakomodir keinginan para penyuka balap jalanan. 

“Tentunya kita akan berpindah tempat dan kebetulan pada seri keempat ini di Kemayoran memiliki tipikal dan konstruksi jalan yang cukup untuk menampung para pembalap dan penonton yang akan menontonnya sehingga akan lebih nyaman,” ujar Kombes Latif Usman.

Seri ke-4 ini akan digelar selama 2 hari yaitu tanggal 3 sampai 4 September 2022 dan dilaksanakan mulai dari jam 8 pagi hingga 10 malam.

Sebelumnya program Street Race Polda Metro Jaya ini sukses digelar di 3 lokasi, yaitu di Ancol, Jakarta Utara, lalu di BSD, Tangerang Selatan dan terakhir di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, dipilihnya Kemayoran untuk lokasi Seri 4 Street Race karena cukup memadai untuk menggelar Street Race dan pihaknya akan betul-betul lebih mengakomodir keinginan dari penyuka penghobi balap jalanan.

“Sudah 500 peserta mendaftar. Mudah-mudahan saran ini bisa dimanfaatkan oleh mereka dan mereka tidak lagi melakukan balap liar yang mengganggu keselamatan warga dan keselamatan mereka sendiri,” ucap Latif.

Saat ini Kejuaraan Nasional atau Kejuaraan Daerah Drag Race motor memang sudah digelar di beberapa daerah. Tapi event ini digelar sebagai event komunitas dimana memang ditujukan untuk memfasilitasi para komunitas balap liar.

“Bedanya kali ini Street Race diikuti dan dilaksanakan oleh pembalap pembalap liar yang memang sesungguhnya komunitas balap liar di jalanan. Mereka akan bekerja sama dengan pihak IMI DKI. Jadi Pak Kapolda Metro Jaya dan team hanya memfasilitasi tempatnya saja,” jelas Eddy Saputra selaku Pengurus Roda Dua di PP IMI dan Senior di dunia balap motor Indonesia.

Eddy pun mengungkapkan dimana IMI selaku regulator akan terus bekerja sama dengan para stakeholder, khususnya Polda Metro Jaya. Keduanya berharap agar para pecinta balap liar ini bisa beralih ke balap resmi dan tidak lagi melakukan kegiatan balap liar.

“Kami mengapresiasi pihak Polda yang memfasilitasi kegiatan balap liar ini, dengan maksud dan tujuannya adalah untuk mengurangi balap liar di jalan raya dan menghindari kerugian di pihak lain. Jadi dalam kegiatan ini pihak IMI selalu menghimbau dan mengedukasi komunitas ini untuk ikutan di balap resmi,” terangnya. 

Seri ke-4 Street Race Kemayoran ini akan menggunakan trek lurus sepanjang 500 meter. Nantinya event ini akan menghadirkan beberapa kategori seperti matik, bebek, RX King, hingga herex. Selain itu, Street Race kali ini juga akan diramaikan parade moge, bazar kuliner, hingga gerai vaksin booster.