Dok foto : momotor.id
0
44

Cara Merawat Keyless Motor Agar Tetap Awet

Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang tersemat di dalam sebuah sepeda motor tentu semakin berkembang pula. Salah satu teknologi yang saat ini mulai digunakan pada sebuah sepeda motor adalah tidak lagi menggunakan anak kunci.

Ya, saat ini beberapa sepeda motor yang masuk kedalam kategori high end telah dibekali dengan fitur keyless entry. Fitur ini memungkinkan pemilik motor tidak perlu lagi memasukkan anak kunci. Pemilik motor hanya tinggal memutar switch kunci, dengan catatan remote harus berada dekat dengan motor.

Memang sistem kunci modern ini menjanjikan keamanan yang lebih unggul dibandingkan dengan kunci konvensional. Pasalnya, jika remote tidak dekat dengan motor, switch kunci tidak akan bisa kita putar dan motor pun tidak akan bisa hidup.

Dok foto : harapanrakyat.com

Meski demikian, sistem kunci ini bukan berarti tanpa perawatan. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar kunci jenis keyless ini tidak cepat rusak. Salah satu hal yang patut menjadi perhatian adalah remote keyless jangan sampai terbanting atau jatuh dari jarak yang tinggi. Pasalnya ketika remote tersebut jatuh, maka tidak menutup kemungkinan komponen yang ada didalamnya jadi rusak.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan agar keyless tidak cepat rusak adalah jangan menekan tombol secara berlebihan terutama untuk hal yang tidak perlu. Kita hanya perlu menekan tombol saat akan menyalakan motor atau usai menggunakan motor. Di luar hal tersebut, jangan terlalu sering menekan tombol remote.

Tidak hanya sampai disitu saja, hal lain yang harus kita perhatikan adalah remote jangan sampai terendam air. Walaupun remote sudah dilengkapi dengan pelindung karet, namun remote tersebut tidak memiliki kemampuan water resistance. Jadi ketika terkena air, atau terendam air, ada kemungkinan air masuk kedalam remote yang bisa mengakibatkan korosi sehingga kerja remote jadi kurang maksimal.

Dok foto : jawapos.com

Remote pada motor yang sudah menggunakan sistem keyless tentu menggunakan baterai agar remote bisa bekerja dengan baik. Jika baterai sudah habis usahakan kita mengganti dengan baterai original jangan baterai imitasi. Jika kita menggunakan baterai imitasi atau palsu, akan membuat kerja dari remote kurang maksimal lantaran daya listrik yang diberikan oleh baterai tidak sesuai atau bahkan tidak stabil.

Untuk menjaga baterai tidak cepat habis, ketika kita usai menggunakan motor usahakan untuk mematikan remote. Pasalnya, jika remote dengan motor hanya terpaut jarak radius 80 cm, remote akan terus mengirimkan sinyal yang tentunya akan menguras baterai.