Dok foto : motorcycle.com
0
76

Kelebihan Cakram Dengan Model Wavy

Saat ini motor yang beredar dipasaran hampir seluruhnya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman yang jauh lebih mumpuni. Ya, saat ini untuk dapat memberikan pengereman yang maksimal, setiap sepeda motor dilengkapi dengan sistem pengereman cakram hidrolik.

Umumnya cakram yang digunakan pada sebuah motor berbentuk lingkaran dengan permukaan terluar rata. Namun ada beberapa pabrikan yang memberikan desain cakram yang tidak biasa pada beberapa produknya.

Sebagai contoh ada beberapa produk Honda seperti Honda ADV 160, Honda Vario 150, Honda CRF 150 hingga Honda CBR250RR yang menggunakan cakram dengan desain yang tidak standar. Ya motor-motor tersebut menggunakan cakram dengan desain wavy.

Perbedaan cakram model wavy dengan cakram model standar terletak pada bagian ujung cakram yang membentuk sebuah gelombang. Pada sebuah cakram standar menggunakan desain yang rata membentuk lingkaran.

Jelas sebuah cakram dengan model wavy ini membuat tampilan motor jadi jauh terlihat lebih sporty dibandingkan dengan menggunakan cakram standar. Namun tidak hanya membuat tampilan jadi lebih sporty, cakram jenis wavy ini memiliki keunggulan lain.

Ya, cakram jenis wavy memiliki kemampuan untuk melepas panas lebih baik dibandingkan cakram model standar. Jika cakram standar untuk melepaskan panas saat bekerja mengandalkan lubang yang berada di tengah cakram, cakram jenis wavy ini pelepas panasnya dibantu dengan permukaan cakram yang membentuk gelombang tersebut.

Ketika suhu cakram tetap terjaga dan tidak overheat, maka sistem pengereman akan tetap aman. Pengereman akan tetap pakem walau digunakan dalam kondisi yang ekstrim. Umumnya sistem pengereman ini akan bekerja lebih berat ketika motor sedang melewati kontur jalan menurun yang panjang dan curam.

Sistem pengereman yang baik, sangat dibutuhkan oleh sebuah motor matik. Pasalnya motor matik tidak memiliki engine brake untuk membantu pengereman, karena itu sistem pengereman pada motor matik harus tetap prima.

Jika motor kalian masih menggunakan cakram dengan jenis standar, kalian tidak perlu khawatir. Saat ini banyak produk aftermarket yang menjual cakram jenis wavy di pasaran.