0
110

Kolaborasi Elders Elettrico x Mooneyes Berbuah Scooter Listrik

Elders Elettrico, sebagai salah satu startup yang serius menekuni industri elektrifikasi motor listrik, terus memberikan referensi bagi penggemar otomotif di Indonesia. Dalam menyambut gelaran Kustomfest 2022, Elders Elettrico, akan menampilkan project kolaborasi Elders Elettrico x Mooneyes.

Kolaborasi Elders Elettrico bersama Mooneyes ini mengambil tema Kustom Kulture Legacy Forever. Penggunaan tema ini diambil sebagai simbolisasi dunia Kustom Kulture yang akan terus berkembang memasuki era yang baru di mana electric vehicle menjadi masa depan.

“Skuter hasil konversi dan dimodifikasi bergaya khas brand Mooneyes Jepang dengan dominan warna kuning dan Hitam. Gak tanggung-tanggung untuk menyelesaikan project ini, Elders Elettrico melibatkan banyak pihak,” ujar Heret Frasthio, CEO dari Elders Company.

Ada dua unit skuter yang dibuat dalam kolaborasi ini yakni VBB 1965 Elettrico hasil karya builder Ari aki dan David Zultur serta pengecatan oleh Vespa rumahan. Ada modifikasi yang dilakukan pada motor ini, yaitu penambahan sespan dengan ukuran mungil. Sementara pada bagian motor ditambahkan kanopi dengan aksesori keranjang di bagian belakang.

Sedangkan PX MK1 1978 Elettrico dibuat oleh On Scoot Garage. Untuk PX tidak banyak modifikasi yang dilakukan, hanya ubahan warna dan aksesori bracket barang di bagian belakang. Sementara  bagian jok dikerjakan oleh Yoel, serta dibantu desainnya oleh  Novito Yoga dengan konsultan Eman Vigano dan Ardin.

Tentunya dari masing masing basic Vespa hanya menggunakan frame, bodi serta part pendukung. Sedangkan untuk mesin sudah tergantikan dengan baterai Panasonic Tesla Model 3 NCR 21700 72v 24Ah, penggerak OS V2 3KW Disc Brake, controller: YYK 80a Bluetooth Connection Smartphone. 

Dikatakan kedua scooter mampu dipacu 75-80 km/jam dan untuk waktu pengecasan dalam kondisi baterai 0% dibutuhkan waktu 5 jam. Untuk menguji kemampuan dari project kolaborasi Elders Elettrico x Mooneyes, Scooter electric akan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta yang jaraknya menempuh 600 km.  

Perjalanan akan dikawal oleh Joe yang akan menggunakan Vespa GTS , pengawalan ini bukan sekedar semata-mata mengawal, melainkan kedua scooter ini akan dibandingkan antara pengunaan energi listrik dengan bensin.