Dok. Yamaha
0
41

Alasan Yamaha Mio S Tak Dijual Lagi

Sejak peluncurannya pada tahun 2003, Yamaha Mio Series bak menjadi pelopor matic di Indonesia. Sejak itu, berbondong-bondong orang menggunakan motor matic. Bahan, pada tahun 2017 lalu, Mio Series telah terjual lebih dari 8 juta unit di Indonesia. 

Namun, sayangnya, per Oktober, Yamaha harus kehilangan salah satu motor matic entry level nya, yakni Mio S. Menurut Antonius Widiantoro selaku Asst GM Marketing dan Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa Mio S tidak lagi ada di jajaran produk Yamaha. Hal ini disebabkan lantaran kemunculan motor baru.

Antonius juga menyebut bahwa keputusan dihentikannya produk Yamaha Mio S karena pabrik ingin terus berinovasi. Tak hanya itu, Yamaha juga disebut harus menyesuaikan atau sejalan dengan tren. Sehingga, peningkatan suatu produk bukan hanya sekadar mengubah model saja, tetapi juga harus mengikuti kebutuhan pasar. 

Lebih lanjut, penghentian produksi juga disebut oleh Antonius merupakan hal biasa di industri motor roda dua di Indonesia. Jadi, matinya produksi Yamaha Mio S bukan karena kurang laris di pasaran. Sebab, motor matic keluaran 2017 ini masih memiliki banyak peminat di Indonesia. 

Tak hanya Yamaha Mio S. Diketahui, sebelumnya ada dua motor yang juga dihentikan penjualannya oleh Yamaha, yakni Mio Z dan Mio Soul GT.

Diketahui, Yamaha Mio S meluncur di aspal pada Oktober 2017 lalu. Pada saat itu, motor matic ini dibanderol seharga belasan jutaan. Lalu, pada Maret 2019, motor Yamaha Mio S mengalami pembaruan. Sayangnya, pabrik kurang santer mempromosikan produk satu ini. Hingga pada September lalu, motor ini masih dihargai senilai Rp17 jutaan. Kendaraan kuda besi ini disebut sebagai salah satu produk Yamaha Mio Series termurah.

Dok. Yamaha

Jika ditilik, Yamaha Mio S memiliki beberapa fitur unggulan yang lebih upgrade ketimbang produk serupa, Yamaha Mio M3. Meski memiliki mesin dengan kapasitas sama, yakni 125 c, namun Yamaha Mio S bisa dikatakan lebih unggul karena dilengkapi Answer Back System dan sudah memiliki ban tubeless. Tak hanya itu, Yamaha Mio S juga lebih modis dan telah dipasang lampu LED di bagian depan.

Walau Yamaha Mio S tinggal kenangan lantaran tidak diproduksi lagi, namun ada beberapa produk Yamaha produk entry yang masih eksis di pasaran. Seperti saudara Yamaha Mio S yakni Mio M3. Selanjutnya, ada Fazzio, Fino, Gear 125, dan produk populer lainnya, X-Ride. 

Sekadar informasi, Yamaha pertama kali memproduksi motor matic pada tahun 2003 dengan meluncurkan Mio. Saat itu, Mio langsung laris di kalangan wanita. Sebab, modelnya mungil dan memiliki mesin 115 cc. Lalu, tahun-tahun selanjutnya Mio Series makin bermunculan. Sebut saja, Yamaha Mio Sporty yang rilis tahun 2004, Yamaha Mio Soul yang telah mengaspal pada tahun 2007.