0
101

Cara Mudah Merawat Ninja 2 Tak

Ninja 2-tak menjadi salah satu kendaraan yang digandrungi oleh banyak orang. Sebagaimana diketahui, motor satu ini memiliki performa yang lincah hingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 190 km/jam. Modifikasi Ninja 2-tak juga kini kian merambah dan bahkan hingga kini masih banyak dilakukan.

Tak hanya itu, di era sekarang, Ninja 2-tak juga dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Misalnya, dengan memiliki teknologi Super KIPS dan HSAS, motor Ninja 2-tak mampu meminimalisir gas buang serta mampu menghasilkan tenaga yang lebih stabil. Selain itu, beberapa motor 2-tak juga telah memiliki suara knalpot yang lebih lembut.

Namun, beberapa pengendara kerap menyepelekan cara merawat Ninja 2-tak dengan benar. Akibatnya, motor cepat rusak bahkan memerlukan biaya lebih tinggi untuk menggantinya.

Lalu, bagaimana cara merawat motor Ninja 2-tak dengan mudah?

1. Rutin ganti oli
Sama halnya dengan kendaraan lainnya, pemilik Ninja 2-tak harus rajin untuk mengganti oli mesin. Setidaknya, dengan pemakaian rutin, pengendara diwajibkan untuk mengganti oli satu bulan sekali. Tentu saja hal ini bertujuan untuk menjaga mesin lebih stabil atau tidak overheat.

2. Bersihkan karburator
kebanyakan motor Ninja 2-tak masih menggunakan karburator. Sehingga, pengendara harus merawat dan membersihkan karburator secara rutin. Hal ini agar laju motor tidak tersendat-sendat atau bahkan tiba-tiba mati di jalan.

3. Cek kondisi aki
Seperti diketahui, aki menjadi salah satu bagian paling penting bagi sistem kelistrikan motor. Oleh karena itu, pemilik Ninja 2-tak harus memeriksa kondisi aki dan lakukan isi ulang jika air mulai berkurang, serta untuk men-charge aki jika kondisinya sudah lemah.

4. Perhatikan rantai motor
Bagi pengendara Ninja 2-tak juga perlu memperhatikan rantai dan gear kendaraannya. Jangan sampai rantai terlalu kendor, karena akan cepat lepas dari gear, dan jangan juga terlalu kencang karena akan mudah putus.

5. Periksa KIPS
Setidaknya, KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) perlu dilakukan pengecekan dan dibersihkan setiap tiga bulan sekali. Jika tidak, lama-kelamaan KIPS akan berkerak dan mampu mengganggu performa mesin.

6. Cek busi
Seperti diketahui busi merupakan salah satu komponen penting yang membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Oleh sebab itu penting untuk selalu mengecek busi agar tetap bagus atau tidak kotor. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kabel koil. Sebab, kabel koil yang menghubungkan listrik ke busi.

7. Jangan remehkan radiator
Ninja 2-tak memiliki radiator yang mempunyai peranan untuk mendinginkan mesin kendaraan. Bagi pemilik kendaraan bermotor, jangan sampai lupa untuk mempertahankan dan mengisi sisi volume air radiator. Jika tidak, maka akan berdampak pada kondisi mesin yang dapat memicu kerusakan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat Ninja 2-tak. Selain itu, pengendara juga harus memperhatikan hal-hal kecil lainnya, seperti kondisi ban, knalpot, lampu kendaraan, hingga selalu mengontrol oli samping.