Dok. Honda
0
77

Honda MSX 125, Mirip Monkey Tapi Beda Konsep

Belakangan ini, motor dengan model mungil menjadi incaran para penyuka otomotif. Beberapa waktu lalu, Honda merilis produknya yang dinamai Honda Monkey. Meski bertubuh mungil, Honda Monkey  dibekali mesin 125 cc. Bahkan, tampilannya pun selalu diperbarui.

Tidak jauh berbeda dengan Honda Monkey, Honda juga tampaknya semakin memanjakan pecinta otomotif dengan merilis Honda MSX 125 Grom. Meski sekilas sama-sama mungil seperti Honda Monkey, namun Honda mengklaim motor mini satu ini didesain dengan tampilan yang lebih segar serta dilengkapi dengan teknologi yang canggih. MSX sendiri adalah singkatan dari Mini Street Extreme.

Meski mungil, akan tetapi Honda MSX 125 Grom didesain layaknya motor trail pada umumnya. Bahkan, Honda MSX 125 Grom dapat menunjukkan performa tangguhnya dengan mampu melaju dalam berbagai kondisi jalan, baik off road (jalanan bertanah) ataupun jalanan beraspal. Keunggulan lain dibanding motor trail pada umumnya, motor ini lebih mudah digunakan karena memiliki ukuran yang kecil.

Honda MSX 125 Grom ini memiliki bodi yang lebih sporty. Tangkinya bahkan dibuat lebih besar dengan tiga lubang baut yang memberikan aksen tersendiri.

Tak hanya itu, total lubang tersebut juga ada enam, tiga di bagian tangki dan yang lainnya ada di sisi panel. Dengan kata lain, Honda MSX 125 Grom memudahkan proses lepas dan pasang, sehingga nantinya motor akan dapat dibuat berbagai macam gaya.

Kemudian, desain jok juga diubah dengan bagian belakangnya menjadi lebih landai dari model-model sebelumnya. Sehingga, pengendara bisa mendapatkan posisi berkendara yang lebih ergonomis. 

Dok. Honda

Honda MSX 125 Grom telah dibekali dengan mesin 125cc generasi terbaru. Mesinnya pun diklaim sudah disesuaikan dengan pembagian tenaga dan torsi agar tetap enak dikendarai.

Tenaga maksimum yang dihasilkan Honda MSX 125 Grom ini mencapai 7.5kW atau 10dk dengan putaran mesin 7,250 rpm. Lalu, torsi maksimumnya hingga 10.5Nm pada putaran 5,500 rpm.

Honda MSX 125 Grom memiliki tipe mesin berpendingin udara, 2 katup, dengan kapasitas 124,9 cc yang menggunakan piston berdiameter 52,4 mm dna langkahnya 57,9 mm. Lalu, transmisi manualnya hingga 5 percepatan.

Honda MSX 125 Grom ini mengandalkan suspensi bagian depan menggunakan USD Front Forks dengan diameter 31mm dan suspensi bagian belakangnya ialah monoshock dengan steel square pipe swing arm.

Untuk rem, Honda MSX 125 dibekali dengan cakram berdiameter 220 mm dengan kaliper double piston. Sedangkan pada rem bagian belakang dibekali cakram berdiameter 190 mm dengan kaliper single piston.

Selanjutnya, Honda MSX 125 menghadirkan dimensi sepanjang 1760 mm dengan lebar 720 mm dan tinggi sekitar 1015 mm. Honda MSX 125 juga dibuat dengan jarak sumbu roda yang tidak terlalu panjang, yakni sekitar 1200 mm. 

Versi keluaran 2023 ini belum lama diperkenalkan melalui event EICMA 2022 di Milan. Masih mempertahankan konsep sporty compact yang sudah diperbarui, fitur baru yang dapat ditemukan adalah panel dashboard LCD yang berperan sebagai speedometer digital.