Foto: Auto Trader
0
113

Stang Motor Getar Saat Ngebut, Cek Bagian Berikut!

Salah satu yang mengganggu pengendara motor adalah ketika stang motor bergetar saat dikendarai. Meski terkesan sepele, tapi bisa membuat pengendara tak merasa nyaman.
Ketika stang motor bergetar, kemungkinan terjadi kerusakan pada beberapa komponen motor. Untuk itu, perlu diperiksa beberapa bagian motor berikut saat stang motor bergetar:

1. Kondisi ban
Perlu dipastikan apa ban masih dalam kondisi rata atau tidak. Periksa permukaan tambalan ban juga jika sudah pernah ditambal. Jika bentuknya cembung, segera ganti ban Anda, karena ini bisa saja penyebab stang motor bergetar.

2. Bearing roda
Terletak di tengah roda dan berhubungan dengan roda secara langsung, bearing roda harus diperiksa. Jika ada yang rusak segera gani.

3. Segitiga dudukan stang

Segitiga dudukan setang motor yang menghubungkan antara setang dengan shockbreaker. Jika stang motor bergetar, bisa saja ada ketidaksejajaran antara garpu kanan dan kiri pada bagian ini.
Mengukurnya bisa dilakukan dengan meluruskan di tempat ata atau datar dengan mengukur menggunakan fuller. Segera bawa ke bengkel jika ditemukan ketidaksejajaran.

4. Velg motor
Velg motor juga bisa menjadi dalang stang motor yang bergetar. Standarkan dua motor dan periksa bagian velg, jika ada yang retak atau bengkok, ini penyebab stang motor bergetar.

5. Shockbreaker
Jika shockbreaker rusak dapat menyebabkan stang terasa bergetar. Pasalnya, fungsinya untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang untuk membuat pengendara tetap nyaman.
Segera bawa ke bengkel jika ada kerusakan pada shockbreaker untuk mendapat penanganan yang tepat.

6. Komstir
Lamanya pemakaian motor biasanya berpengaruh pada kerusakan komstir. Komstir berada di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor.
Gunakan sparepart terbaik saat mengganti komstir agar tetap awet.