Dok. Foto: Rideapart.com
0
21

Tips Merawat Motor Berwarna Doff Agar Tetap Tampil Klimis

Warna doff atau matte pada sepeda motor memang dikenal membuat motor lebih elegan dan eksklusif. Karakter warna ini cukup berbeda dengan cat glossy atau mengkilap sehingga perawatannya pun cukup berbeda.

Perawatan sepeda motor yang memiliki warna doff memang perlu lebih hati-hati. Pasalnya, jika tidak hati-hati maka warnanya bisa memudar.

Berikut ini beberapa tips merawat motor dengan warna doff:

1. Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung

Ketika sepeda motor sedang tak digunakan, parkir atau letakkan motor di tempat yang tak terpapar sinar matahari langsung. Pasalnya terpapar matahari dalam waktu cukup lama akan membuat warna doff pada sepeda motor akan cepat memudar.

2. Jangan Dilap Langsung

Ketika bodi motor dengan cat warna doff kotor atau berdebu, hindari mengelap langsung motor dengan kanebo atau kain microfiber. Jika ingin membersihkan lebih baik disiram dulu menggunakan air kemudian cuci dengan sabun, bilas dengan air, baru kemudian dilap.

Mengelap langsung motor warna doff saat ada debu bisa menyebabkan baret halus pada cat.

2. Jangan Gunakan Sembarang Sabun

Saat mencuci motor, jangan gunakan sembarang sabun yang mengandung deterjen karena bisa menyebabkan warna motor jadi pudar. Baiknya menggunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda motor.

3. Gunakan Cairan Poles Water Base

Agar lebih aman dan tak menimbulkan glossy baiknya menggunakan cairan poles water base (berbahan dasar air). Untuk itu, baiknya mencari cairan khusus untuk motor dengan warna doff.

Cairan khusus ini akan membuat warna doff pada motor semakin tebal sehingga teksturnya semakin tampak.

4. Gunakan Kain Halus

Saat akan mengelap motor dengan warna doff pastikan menggunakan kain berbahan halus. Kain berbahan kasar, bisa menyebabkan gores atau baret pada cat. Pastikan juga selalu mengelap bodi motor saat dalam keadaan basah.

Saat mencuci atau mengelap bagian roda dan mesin juga pastikan menggunakan lap yang berbeda dengan yang digunakan untuk mengelap bagian bodi.

Itu dia beberapa tips untuk merawat motor dengan cat warna doff.