Motor Suzuki Satria Hiu 2 Tak Lawas Biru Bagus (Sumber Kompas.com)
0
46

Tips Agar Motor 2 tak Irit Bahan Bakar & Tetap Garang

Bagi Gilmoters pengendara motor 2 tak, kali ini simak tips agar motor 2 tak irit bahan bakar & tetap garang agar tidak menimbulkan suara yang tidak nyaman didengar hingga mesin mengeluarkan asap.

Agar motor 2 tak menjadi lebih irit bahan bakar, Gilmoters perlu ketahui cara pengaturan pada mesin. Contohnya seperti pengaturan karburator agar mesin motor 2 tak menjadi lebih irit bahan bakar, namun performanya tetap menakjubkan.

Lalu, bagaimana cara lain agar motor 2 tak menjadi lebih irit? Simak penjelasan berikut ini, ya Gilmoters!

Artikel terkait tips hemat bensin motor:

 

5 Tips Agar Motor 2 tak Irit Bahan Bakar & Tetap Garang

Pemakaian motor 2 tak saat ini banyak Gilmoters temui untuk berbagai kegiatan, bahkan untuk harian. 

Maraknya penggunaan motor 2 tak untuk sehari-hari, membuat Gilmoters perlu melakukan perawatan dan pengecekan kondisi motor secara ekstra.

Hal tersebut dikarenakan, agar motor menjadi lebih irit bahan bakar, dan performanya sebagai motor 2 tak tetap garang. Sehingga tidak menimbulkan suara nyaring yang mengganggu, hingga mengeluarkan asap atau mesin ngebul.

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Gilmoters terapkan agar motor 2 tak memiliki kondisi yang selalu prima, antara lain:

  • Mengganti Oli Samping

Rutin mengganti oli samping adalah salah satu tips atau rahasia agar motor 2 tak Gilmoters lebih awet untuk digunakan bahkan saat kegiatan harian. Seperti yang Gilmoters ketahui, oli samping memiliki fungsi yang penting untuk motor jenis ini.

Fungsi dari oli samping, yaitu sebagai pelumas untuk komponen motor yang tidak terkena oli mesin. Contohnya seperti piston, kruk as, atau dinding liner. 

Takaran oli samping untuk berbagai jenis motor berbeda, salah satu contohnya Gilmoters dapat menggunakan 25 ml oli samping untuk 1 liter bensin. 

Menurut salah satu mekanik bengkel, cara ini dapat membuat motor 2 tak menjadi lebih awet untuk digunakan harian.

 

  • Setting Karburator

Tips selanjutnya, Gilmoters dapat mengatur karburator agar motor 2 tak menjadi lebih irit dan tidak menimbulkan suara brebet yang tentunya akan mengganggu saat berkendara. 

Sebenarnya, seberapa penting untuk mengatur karbu motor? Bagi Gilmoters yang belum mengetahui, jika karburator yang di setting kurang tepat dapat membuat motor 2 tak menjadi lebih boros bahan bakar dan juga oli samping. 

Hal tersebut dikarenakan, karburator merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk mencampur bensin dengan udara beserta oli sebelum dibakar di dalam ruang bakar.

Gilmoters dapat memutar gas hingga mendapatkan kurang lebih 3.000 rpm, kemudian putar screw setelan angin dengan arah sesuai jarum jam hingga penuh. 

Lalu langkah selanjutnya, Gilmoters dapat mengembalikan screw sejumlah 2,5 putaran dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam. Kemudian matikan, dan hidupkan kembali motor untuk mendengar suara mesinnya.

 

  • Periksa Kondisi Ban Motor

Mungkin Gilmoters bertanya-tanya, apa kaitannya antara ban motor dengan irit bahan bakar? Ternyata, kondisi ban yang kurang angin atau kempes dapat membuat motor Gilmoters menjadi lebih boros.

Sehingga Gilmoters perlu selalu memastikan tekanan gas pada ban motor tetap normal. Karena dengan kondisi ban yang kurang gas atau kempes, dapat membuat tarikan motor Gilmoters menjadi lebih berat, tentunya hal ini mengakibatkan motor Gilmoters akan lebih boros.

 

Baca juga artikel terkait motor 2 tak:

 

  • Rutin Mengganti Oli Mesin

Selain oli samping, tentunya para pengguna kendaraan bermotor khususnya Gilmoters pengguna motor 2 tak sangat perlu memperhatikan hal ini.

Selalu periksa dan rutin mengganti oli mesin agar motor Gilmoters tetap irit dan kondisi mesin selalu baik.

Jika Gilmoters tidak mengganti oli mesin dalam waktu yang lama, maka dapat membuat mesin motor menjadi lebih cepat panas. Sehingga nantinya berpengaruh pada pemakaian bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Umumnya, Gilmoters dapat mengganti oli motor setelah menempuh jarak kurang lebih 2000 kilometer. 

Namun, akan lebih baik jika pastikan Gilmoters mengganti oli mesin sebelum atau tidak lebih lama dari satu bulan agar motor tetap irit dan garang.

 

  • Berkendara Sewajarnya

Jika Gilmoters adalah seorang tipe pengendara yang menyukai kecepatan, apakah Gilmoters merasa bahwa motor yang digunakan menjadi boros?

Karena kenyataannya, menarik gas motor dengan kekuatan yang kencang dapat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. 

Hal ini dapat membuat motor 2 tak Gilmoters tidak hemat, jika dibandingkan dengan menarik gas secara normal dan perlahan.

Jika Gilmoters berkendara sewajarnya, dapat membantu Gilmoters untuk menjaga kondisi motor agar tetap lebih irit dan juga mesin motor menjadi lebih terjaga serta awet, deh.

Tapi, tahukah Gilmoters kalau rutin membersihkan mesin motor juga dapat berpengaruh pada pemakaian bahan bakar yang irit dan mesin yang lebih awet? Bagaimana caranya? Yuk, simak bersama-sama, ya!

Baca juga: Daftar Motor Suzuki 2 Tak Jadul Incaran Kolektor, Cek Harga Terkini

 

3 Tips Agar Motor 2 tak Irit Bahan Bakar & Tetap Garang dengan Membersihkan Mesin Motor

Tidak hanya berlaku pada pengguna motor 2 tak, bagi seluruh Gilmoters harus selalu memperhatikan kebersihan mesin motor. Gilmoters dapat melakukan pemeriksaan kebersihan pada komponen mesin motor.

Mungkin beberapa Gilmoters mengetahui, bahwa motor 2 tak memiliki kesan klasik, Sehingga harga motor tersebut lebih mahal jika kondisi mesinnya masih terawat dan prima.

Seperti yang diketahui, motor 2 tak memiliki perawatan berbeda dengan motor 4 tak maupun matic. Meskipun terkesan lebih mudah dibanding merawat motor injeksi, namun Gilmoters tidak boleh menganggap sepele.

 

Berikut ini adalah beberapa cara merawat motor 2 tak dengan membersihkan beberapa komponen mesinnya, yaitu:

  • Bersihkan Bagian Knalpot dan Saringannya

Knalpot adalah salah satu bagian pada motor 2 tak yang dikenal mengeluarkan kepulan asap berwarna hitam, yang tentu saja dapat mengganggu para pengendara lain ataupun orang yang berada di sekitar.

Jika Gilmoters tidak ingin hal tersebut terjadi, maka cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membersihkan bagian knalpot motor. 

Gilmoters dapat memulainya dari bagian bibir hingga sarang knalpot agar bersih dari oli yang turun ke bagian knalpot.

 

  • Bersihkan Bagian Busi

Salah satu permasalahan yang seringkali dialami pengguna motor 2 tak adalah busi yang kotor bahkan mengerak. Hal ini dapat mengakibatkan motor Gilmoters berhenti di tengah jalan akibat mogok.

Sehingga, Gilmoters dapat rutin membersihkan busi motor kurang lebih satu atau dua minggu sekali. Jadi Gilmoters dapat berkendara dengan tenang dan tidak perlu khawatir motor akan mogok di tengah jalan.

Baca juga: Sekilas Cara Kerja Mesin 2 Tak

 

  • Bersihkan Bagian Karburator

Selanjutnya, Gilmoters perlu memastikan keseluruhan dari komponen karburator telah bersih dari adanya endapan kotoran yang terdapat didalamnya. 

Perawatan karburator pada motor 2 tak tentu memiliki perbedaan dengan motor matic injeksi.

Pada motor matic injeksi, injektor akan bersih asalkan bensin motor tidak kosong. Namun untuk karburator pada motor 2 tak tentunya memiliki perbedaan.

Karena pada karburator motor 2 tak, adanya kotoran yang mengendap dapat mengganggu performa mesin motor jika Gilmoters biarkan terus menerus. 

Memiliki motor dengan kondisi prima dapat menguntungkan Gilmoters, karena tentunya motor tidak akan rutin mogok, dan tidak memakan biaya yang banyak di kemudian hari.

Semoga tips agar motor 2 tak irit bahan bakar & tetap garang dapat membantu Gilmoters untuk tetap menjaga kondisi motornya supaya selalu awet dan tahan lama, ya! Jangan lupa baca juga info-info menarik lain di Gilamotor tentang otomotif.