Dok. Bikerestart
0
347

Gigi Persneling Susah Masuk Netral, Kenapa Ya?

Bagi pengendara yang menggunakan motor dengan kopling manual terkadang susah masuk netral. Biasanya, persneling atau gear yang susah dinetralkan terasa keras. Bisa juga ketika dinetralkan dari gear 1 malah terlewat menjadi gear 2 atau sebaliknya. Lalu, ketika motor sulit dinetralkan biasanya langsung berasumsi bahwa oli mesinnya kurang oke.

Motor susah netral terkadang menjadi lumrah di kalangan pecinta motor, khususnya bagi pengendara yang menggunakan motor sport atau bebek sport yang memakai kopling manual. Biasanya, tidak hanya terjadi pada motor lama saja, motor baru terkadang kerap mengalami gigi yang sulit netral.

Meski dianggap biasa, terkadang keadaan saat persneling atau gigi motor jadi keras membuat pengalaman berkendara menjadi kurang nyaman.

Salah satu penyebab gigi persneling susah masuk netral adalah oli mesin yang kemampuannya telah menurun. Umumnya setelah mengganti oli persneling kembali normal atau dapat juga dengan mengganti oli yang lebih encer. Akan tetapi, jika oli sudah diganti dan persneling masih susah untuk posisi netral, bisa dengan memeriksa setel tuas kopling, jarak main pada tuas kopling juga berpengaruh pada kinerja persneling sebagai pemindah gigi.

Selain itu, penyebab lain dari persneling susah masuk netral juga terjadi lantaran baut atau mur pada persneling tidak ditata dengan benar. Secara umum, baut atau mur tidak boleh dipasang terlalu rapat atau renggang. Kerusakan pada arm kopling juga bisa lho menjadi salah satu penyebab gigi motor sulit netral.

Terakhir, gejala kendornya rantai juga berdampak pada kenyamanan motor, salah satunya memposisikan persneling netral.

Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi persneling susah masuk netral? Yuk, simak informasinya sebagai berikut.

1. Mesin perlu dipanasi

Ternyata memanasi motor sebelum dipakai cukup penting dan berpengaruh bagi persneling. Usahakan motor dipanasi sekitar 1 menit atau ketika mesin sudah terasa panas coba untuk menarik gas sedikit demi sedikit, jika respons mesin cepat, kemungkinan mesin sudah cukup panas.

2. Gunakan oli yang berkualitas

Seperti diketahui, oli mesin juga mempengaruhi kemampuan persneling dalam mindahin gigi. Jadi, pengendara perlu untuk menggunakan oli yang berkualitas agar pelumasan mesin bagus.

3. Periksa kabel kopling

Gigi persneling motor yang tidak bisa netral biasanya settingan dari jarak main kopling. Terkadang, kopling motor akan di-setting dalam jarak pendek agar membuat tuas kopling terasa enteng jika ditarik. Padahal hal ini justru bisa membuat persneling sulit dinetralkan. selain itu, kabel kopling juga perlu diperiksa dalam keadaan baik. kabel kopling tidak boleh kendur dan juga tidak boleh terlalu keras. Lalu, jangan lupa untuk mencuci tali kopling dengan minyak dan juga diberikan oli.

Itulah alasan dan cara mengatasi gigi persneling motor yang susah masuk posisi netral.