0
166

Kelebihan Pelek Jari-jari Yang Mungkin Kalian Tak Ketahui

Pelek jari-jari memang terkesan konvensional namun peminatnya masih banyak lho. Sekarang juga ada beragam modifikasi menggunakan pelek jari-jari.

Memilih pelek jari-jari tentu juga harus disesuaikan dengan jenis motor dan desain yang cocok dengan motor yang dimiliki. Meski sekarang banyak yang menggunakan pelek racing, namun pelek jari-jari memiliki beberapa kelebihan lho.

Pelek jari-jari biasanya digunakan pada motor mesin 110 cc dan 125 cc atau di keluaran 2009an. Namun, ada juga motor baru yang menggunakan pelek ini yakni motor berbasis trail seperti Kawasaki KLX, Honda CRF, Yamaha WR 155 atau moge seperti BMW dengan GS series adventure-nya.

Salah satu kelebihan dari pelek jari-jari adalah kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau jalan yang banyak lubang. Karena alasan inilah, makanya motor jenis ini banyak digunakan untuk balapan offroad road race, maupun motocross.

Pelek jari-jari juga dikenal lebih kokoh dan kuat sehingga aman digunakan untuk medan seperti di lumpur. Itulah kenapa motorcross menggunakan motor dengan pelek jari-jari.

Selain dikenal kuat untuk menerjang medan berat, pelek jari-jari juga dikenal memiliki kelebihan lebih ringan dibandingkan pelek racing. Itulah mengapa motor dragrace (ajang balap di trek lurus) tergantung pada pelek jari-jari karena sangat bergantung pada bobot motor.

Pelek jari-jari terdiri dari tiga bagian utama yakni ruji, pelek, dan tromol. Kelebihan dari pelek ini, saat pembelian kita bisa mengecer sesuai yang dibutuhkan. Baik itu rujinya saja, peleknya saja, atau tromolnya saja.

Kelebihan lain dari pelek jari-jari yaitu murah. pelek jari-jari memang dikenal lebih terjangkau dari pelek racing.

Selain itu, jika terjadi kerusakan pada pelek jari-jari seperti bengkok bisa distel ulang tanpa perlu beli yang baru.

Selain kelebihannya, tentu juga ada kekurangan dari pelek jari-jari. Yakni lebih sulit dicuci, biasanya akhirnya lebih mudah terjadi karat. Pada jari-jari juga tidak bisa langsung dipasang ban tubeless, harus disetel dulu.

Selain itu, banyak yang menilai tampilan pelek jari-jari kurang sporty dan tampak kuno.