Dok. Foto: Boonsiewhonda.com
0
308

Pakai Baju Baru, Honda Beat di Malaysia Dijual Rp19 Juta

Honda Beat di Malaysia tampil dengan warna baru yang lebih ngejreng. Meski tampil dengan warna baru, tak ada perubahan berarti dalam soal spesifikasinya.

Penyegaran warna ini dilakukan oleh Boon Siew Honda yang merupakan agen pemegang merek Honda di Malaysia. Empat warna baru tersebut adalah kuning, merah, biru, dan hitam.

Warna yang belum ada di Indonesia sendiri adalah warna kuning yang cukup ngejreng dan menarik.

Tampil dengan warna baru, harga jual Beat ini pun naik menjadi 5.990 atau setara Rp19 jutaan. Meski harganya naik, Beat masih menjadi salah satu skutik termurah dengan spesifikasi yang cukup apik.

Soal tenaga pacunya, motor ini menggunakan mesin satu silinder dengan kapasitas 109,51 cc berpendingin udara, SHOC 4-tak, dan dua katup.

Mesin ini dapat menyemburkan tenaga hingga 6,7 kW di 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,53 Nm di 5.500 rpm.

Dok. Foto: Boonsiewhonda.com

Dari segi fitur, Beat yang beredar di Malaysia dan Indonesia cukup berbeda. Jika Beat di Indonesia pada lampu belakang dan seinnya menyatu, pada Beat Malaysia lampu belakang dan seinnya memisah. Selain itu, bentuk spion Beat Malaysia juga lebih membulat.

Untuk peleknya, Beat Malaysia ini menggunakan pelek ukuran 14 inci, dengan ban depan ukuran 80/90 dan ban belakang 90/90.

Sementara untuk pengeremannya, skutik ini dibekali rem cakram hidrolik di depan dan rem tromol mekanis di belakang. Selain itu, ada juga fitur combi brake system.

Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 4,2 liter dan memiliki kompartemen penyimpanan hingga 11,7 liter di bawah jok. Untuk beratnya, motor ini memang dikenal cukup ringan karena hanya berbobot 90 kg dengan ketinggian jok 742 mm.

Beat memang dikenal dengan bentuknya yang kecil dan ringkas. Ini menjadi keunggulan bagi skutik ini karena sesuai dengan postur orang-orang Asia Tenggara.

Perbedaan fitur lainnya dengan Beat di Indonesia, Beat Malaysia masih kurang lengkap. Beat di Malaysia belum dilengkapi fitur Power Charger, untuk pengisian daya smartphone, dan Idling Stop System (ISS) yang berperan mematikan mesin secara otomatis saat mesin motor tak digunakan seperti pada momen macet atau lampu merah.