Dok. Foto: Suzuki.co.id
0
185

Mengenal Kampas Kopling dan Cara Merawatnya

Dalam sistem transmisi sepeda motor, kampas kopling jadi salah satu komponen yang penting. Komponen ini letaknya di balik tutup kopling. Karena fungsinya sangat vital maka perawatannya pun harus diperhatikan.

Fungsi kampas kopling pada sepeda motor adalah menghubungkan dan memutus hubungan antara mesin dengan transmisi serta menyalurkan tenaga putaran mesin menuju transmisi dan roda penggerak motor. Jadi ketika berkendara, kita dapat mengontrol tuas kopling untuk memutus atau menghubungkan tenaga mesin dengan transmisi sesuai kebutuhan pengendara. Seperti untuk pindah gigi, menghentikan sepeda motor, atau menambah kecepatan.

Karena pentingnya fungsi kampas kopling, berikut beberapa tips merawatnya:

1. Gaya Berkendara

Gaya berkendara sangat berpengaruh pada umur kamplas kopling motor. Hindari gaya berkendara terburu-buru sehingga mengoperasikan tuas kopling dengan kasar seperti menarik tuas dengan tiba-tiba dan melepasnya dengan sangat cepat.

2. Hindari Menahan Setengah Koling

Menahan setengah kopling terlalu sering juga tak bagus untuk kampas kopling. Pasalnya, hal ini menyebabkan gesekan yang semakin besar.

3. Mengatur Kopling Dengan Benar

Pastikan selalu mengatur posisi kopling dengan benar. Caranya dengan menjaga gap atau jarak antar handle kopling dan tuas motor agar tak terlalu jauh dan bisa bergerak leluasa.

4. Rajin Ganti Oli Dan Filter

Kopling sepeda motor terletak di dalam mesin, di mana oli mesin ikut bekerja melumasi komponen kopling. Untuk itu, perlu dipastikan menggunakan oli dengan kualitas baik sehingga dapat melumasi kopling dengan sempurna. Selain itu, pastikan mengganti oli dan filter secara berkala.

5. Rutin Bersihkan Sistem Kopling

Pastikan juga selalu mengecek kondisi beserta membersihkan sistem kopling sehingga ketika ada masalah bisa langsung diketahui dan diperbaiki. Biasanya akan ada sisa-sisa minyak di komponen kopling yang bisa mengganggu kinerja kopling. Bekas minyak itu perlu dibersihkan.

Itu dia beberapa tips untuk merawat sistem kopling agar tetap awet.