Dok. Foto: Fogygarage.com
0
61

Pilih Jas Hujan yang Aman, Jangan Asal Pakai

Meski terdengar sepele tetapi memilih jas hujan itu gak boleh sembarangan. Jas hujan berfungsi untuk melindungi tubuh pengendara saat harus berkendara di musim hujan.

Fungsinya untuk melindungi, jadi jangan sampai penggunaan mantol atau jas hujan justru menjadi risiko bagi pengendara bermotor.

Menggunakan jenis mantol tertentu bisa meningkatkan risiko kecelakaan untuk pengendara motor. Untuk itu, baiknya memilih jas hujan yang tepat agar aman dan nyaman.

Jas hujan yang perlu dihindari adalah model ponco. Menggunakan jas hujan model ponco berisiko membuat pengendara alami kecelakaan karena bentuknya yang menjuntai seperti jubah. Bagian mantol atau jas hujan bisa masuk ke roda dan membuat motor kehilangan keseimbangan.

Mantol model ponco juga kurang bisa melindungi tubuh dari hujan karena masih banyak celah yang bisa kemasukan air.

Model jas hujan yang disarankan adalah yang press badan agar lebih rapat. Pilih jas hujan yang sesuai dengan ukuran tubuh agar lebih nyaman dan tak membahayakan keselamatan.

Jas hujan yang terlalu besar hingga menjuntai berisiko untuk ada bagian yang masuk ke gir rantai dan bisa berbahaya.

Jas hujan yang terlalu kekecilan juga pastinya membuat pengendara tak nyaman. Ruang gerak pengendara jadi terbatas dan bisa membahayakan di jalan karena terbatasnya kendali motor.

Untuk itu pilihlah jas hujan yang pas dengan bentuk tubuh agar melindungi dengan optimal dan aman untuk berkendara.

Jas hujan disarankan berwarna terang agar terlihat oleh pengendara lain. Hindari jas hujan berwarna gelap karena bisa membuat pengendara susah untuk dilihat saat berkendara di bawah hujan yang deras.

Bahan jas hujan yang disarankan adalah coating glossy atau bening anti embun. Hindari menggunakan jas hujan berbahan parasut karena bikin gerah dan panas saat berkendara.

Memilih jas hujan dengan kualitas bahan lebih berkualitas juga membuat jas hujan lebih awet sehingga tak perlu gonta-ganti karena rusak.