Dok. Foto: Motorcyclenews.com
0
58

Tips Berkendara Motor Aman di Musim Hujan

Musim hujan yang mulai memasuki wilayah Indonesia patut membuat para pengendara motor lebih waspada. Berkendara saat hujan tentu lebih berisiko karena jalanan jadi lebih licin.

Selain itu, pandangan mata juga jadi terhalang saat hujan. Sehingga, mengendarai motor saat hujan perlu lebih hati-hati untuk menghindari risiko kecelakaan.

Berikut ini beberapa tips mengendarai motor saat hujan:

1. Kurangi Kecepatan

Bukan hanya karena pandangan mata jadi terhalang, mengurangi kecepatan juga penting untuk menghindari lubang di jalanan. Menabrak lubang dengan kecepatan tinggi bisa menyebabkan aquaplaning atau kendaraan kehilangan kendali hingga terjatuh.

2. Pastikan Kondisi Motor Baik

Lakukan servis berkala untuk memastikan performa motor optimal di musim hujan. Kondisi rem harus pakem, ban tidak gundul, kelistrikan berfungsi baik, dan komponen lainnya tak bermasalah untuk menghindari motor tidak tiba-tiba mogok saat hujan.

3. Gunakan Safety Gear

Ada beberapa safety gear yang bisa digunakan saat hujan yakni mantol atau jas hujan, helm dengan visor bening, sepatu anti air atau penutup sepatu dari karet, dan sarung tangan.

4. Jaga Jarak Aman

Pastikan juga saat berkendara tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain. Di musim hujan, kendaraan bisa tiba-tiba mengerem untuk menghindari genangan, untuk itu baiknya berada di jarak aman agar bisa mengantisipasi berbagai hal yang terjadi di jalan.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat berkendara di musim hujan. Jika hujan terlalu deras dan disertai angin, baiknya meneduh dulu untuk menunggu hujan lebih reda.