Tips Membeli Ban Motor, Jangan Asal Pilih
0
85

Tips Membeli Ban Motor, Jangan Asal Pilih

Mengganti ban sepeda motor tak boleh asal, harus memilih ban yang berkualitas agar performa dan keamanan berkendara tetap terjamin.

Salah pemilihan ban bisa berdampak pada sistem pengendalian, manuver, dan kenyamanan dalam berkendara. Untuk itu, pastikan memilih ban yang tepat untuk sepeda motormu.

Pilihlah ban yang memenuhi kriteria dari segi dimensi, model, hingga gaya sepeda motormu. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih ban sepeda motor yang tepat:

1. Cek Kode Ban

Perlu diperhatikan bahwa setiap ban yang diproduksi itu memiliki kode, contohnya 180/50 R-17 M / TL. Angka 180 artinya adalah lebar tapak ban yakni 180 mm. Sementara 50 artinya adalah ketebalan sisi atau dinding ban.

Untuk huruf R artinya Radial dan angka 17 yang dibarengi huruf M berarti kemampuan ban dalam berakselerasi kecepatan maksimum yang boleh ditempuh. Untuk TL menunjukkan bahwa bannya merupakan tubeless.

Jadi, pilih ban dengan kode sesuai dengan kebutuhan motor. Jika kurang paham, bisa bertanya ke toko tempat membeli ban tersebut.

2. Kode Produksi Juga Harus Dicek

Selain kode ban, kode produksi ban juga harus diperhatikan. Belilah ban dengan tahun produksi terbaru, meski biasanya akan lebih mahal daripada ban dengan tahun produksi lebih lawas.

Tahun produksi tersebut biasanya ditandai dengan kombinasi empat angka misalnya 2323. Artinya, ban tersebut diproduksi pada minggu ke-23 di tahun 2023.

3. Pilih Jenis Ban Sesuai Kebutuhan

Jenis ban ada berbagai macam sesuai dengan kebutuhan motor. Motor harian dan motor trail tentunya menggunakan jenis ban yang berbeda ada ban sport, touring, cruiser, scooter hingga offroad. Untuk itu, perlu dipahami jenis ban mana yang akan digunakan.

Itu dia beberapa tips memilih ban sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga bermanfaat ya!