Dok. Foto: 91wheels.com
0
65

Tips Merawat Motor Listrik di Musim Hujan

Kini semakin banyak orang memilih menggunakan motor listrik karena dinilai lebih hemat energi. Menggunakan motor listrik juga jadi trend style tersendiri.

Untuk itu, pemahaman perawatan motor listrik baiknya juga dipahami. Apalagi merawat motor listrik saat musim hujan.

Jangan sampai kurangnya pemahaman tentang perawatan motor listrik bikin motor tiba-tiba mati saat dikendarai di bawah hujan.

Berikut beberapa tipsnya:

1. Jangan Digunakan Menerjang Banjir

Jangan paksakan motor listrik untuk menerjang banjir karena bisa membuat motor mati. Batas air yang masih boleh dilewati motor listrik adalah apabila masih di bawah ketinggian ban. Jika banjir sudah merendam ban motor listrik secara penuh, maka jangan dilewati karena bisa merusak bagian sentral motor listrik.

Apabila motor listrik terlanjur mati saat digunakan melintasi banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencabut baterainya. Kemudian bersihkan semua konektor kabel pada motor listrik.

2. Parkir di Tempat Terlindungi

Baiknya memilih memarkir motor listrik di tempat yang beratap saat musim hujan. Apabila terpaksa harus parkir di tempat terbuka, lepas baterai motor listrik agar jadi jauh lebih aman.

3. Pastikan Isi Daya di Tempat Kering

Saat akan mengisi daya atau charging baterai motor listrik, pastikan juga berada di tempat yang kering. Tutup baterai dan kabel dengan bahan anti air saat pengisian daya untuk jaga-jaga.

4. Cuci Motor

Setelah motor listrik terkena air hujan, baiknya segera cuci kemudian dilap dengan kain bersih. Pastikan soket charger tertutup rapat atau bisa ditutup dengan bahan anti air saat proses pencucian.

Motor listrik pada dasarnya seperti motor konvensional yang aman digunakan di bawah hujan. Akan tetapi sebaiknya tetap perlu waspada dan lebih baik hindari jalan yang banjir.

Itu dia beberapa tips merawat motor listrik saat musim hujan. Semoga bermanfaat ya.