Dok.Foto: Visordown.com
0
299

5 Merek Helm Ternama di Gelaran MotoGP, Ada Buatan Indonesia Lho!

Sebagai kejuaraan balap sepeda motor paling terkenal di dunia, MotoGP selalu menjadi sorotan para pecintanya. Dari arena balap, hingga segala perlengkapan pembalap kerap jadi bahan omongan.

Tak terlepas soal helm para pembalap. Berbagai macam merek helm dari seluruh dunia tentunya bercita-cita bisa turut serta dalam gelaran MotoGP.

Jadi kebanggaan sendiri dan sangat menjual di pasaran saat helm merek tertentu bisa dipakai oleh pembalap di MotoGP. Seperti lima merek helm ternama berikut ini yang sukses menembus MotoGP:

1. AGV

Perusahaan helm asal Italia ini awalnya bukan memproduksi helm lho. AGV didirikan pada tahun 1946 oleh Gino Amisano. Perusahaan yang memiliki kantor di Piedmont, Italia ini awalnya memproduksi jok kulit dan sadel sepeda motor.

Sebuah keputusan tepat ketika akhirnya AGV melebarkan sayapnya dengan memproduksi helm pada tahun 1954. Pada pagelaran MotoGP musim 2021, AGV dipakai oleh beberapa pembalap ternama di antaranya Valentino Rossi, Joan Mir, Luca Marini dan Jack Miller.

Ciri khas dari helm ini adalah memiliki latar belakang bendera Italia yang berwarna merah putih hijau.

2. Shoei

Kamata Polyester Canopy, yang kemudian berganti nama menjadi Shoei, adalah perusahaan yang didirikan oleh Eitaro Kamata pada 1950 di Jepang. Awalnya, perusahaan ini belum memproduksi helm, melainkan topi dan industri konstruksi.

Tahun 1958, perusahaan ini mulai memproduksi helm. Mereka mulai masuk arena balap motor tahun 1960 dan namanya langsung melesat.

Kamata Polyester Canopy berganti nama menjadi Shoei Safety Helmet pada 1968. Sebelumnya, perusahaan ini berhasil menjadi pemasok helm OEM untuk Honda yang membuat namanya makin melejit. Pabriknya didirikan di Ibaraki, Jepang pada 1989.

Pembalap yang menggunakan helm ini di antaranya pada MotoGP 2021 yakni Marc Marquez dan Alex Marquez.

3. Arai

Arai juga merupakan merek helm yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini didirikan pada 1937 oleh Hirotake Arai.

Arai berawal dari perusahaan yang memproduksi topi. Sebagai pecinta sepeda motor, Hirotake Arai memiliki kesadaran bahwa pemotor membutuhkan pelindung kepala. Niat awal Arai membuat helm sebenarnya bukan untuk komersial, tapi untuk melindungi pemotor.

Pada 1950, Arai mulai memproduksi helm. Saat itu, belum ada standar tentang kelayakan helm sehingga Hirotake Arai membuat standar pengukuran sendiri.

Pembalap yang menggunakan helm ini pada pagelaran MotoGP 2021 adalah Maverick Vinales dan Takaaki Nakagami.

4. Shark

Shark adalah merek helm yang dibuat oleh mantan pembalap. Perusahaan asal Perancis ini berdiri tahun 1986 di mampu memproduksi helm hingga 300 ribu tiap tahun.

Dengan keinginan menciptakan helm berkualitas tinggi yang aman untuk pembalap, Shark mampu dikenal luas dan bersaing di MotoGP.

Beberapa nama yang pembalap yang pernah menggunakan helm ini di antaranya Miguel Oliveira, Jorge Martin, dan Johann Zarco.

5. KYT

Ini dia merek helm asal Indonesia yang mampu menembus pagelaran MotoGP. Pada musim 2021, helm KYT digunakan oleh Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori.

KYT diproduksi oleh perusahaan PT Tarakusuma Indah yang berdiri sejak 1980. Perusahaan inilah yang memproduksi helm-helm ternama di Indonesia seperti INK, KYT dan MDS untuk kalangan menengah-atas hingga BMC dan HIU yang ditargetkan untuk pasar menengah-bawah.

Itu dia beberapa merek helm ternama yang mewarnai pagelaran MotoGP. Yang mana nih favoritmu?