5 Penyebab Rantai Motor Mudah dan Cepat Kendor
0
53

5 Penyebab Rantai Motor Mudah dan Cepat Kendor

Salah satu komponen penting dalam sepeda motor adalah rantai. Masalah pada rantai bisa berisiko menyebabkan kecelakaan hingga hal fatal lainnya. 

 

Untuk itu, rantai sepeda motor juga harus selalu dirawat agar kondisinya prima. Salah satu masalah yang sering terjadi pada rantai adalah kendor. Rantai kendor yang dibiarkan bisa menyebabkan rantai putus. Tentu saja berbahaya jika rantai putus saat motor tengah berjalan. 

 

Ada beberapa penyebab rantai motor cepat kendor. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Rantai Terlalu Kering 

 

Rantai yang dibiarkan begitu saja tanpa dirawat tentu saja bisa menjadi terlalu kering. Agar rantai tak kering, secara berkala gunakanlah pelumas rantai yang diformulasikan khusus untuk merawat rantai. 

 

  1. Gaya Berkendara 

 

Gaya berkendara sangat berpengaruh pada kondisi rantai. Jika pengemudi berkendara dengan cepat menarik gas dan cepat pula mengerem maka akan membuat rantai jadi gampang kendor. Pasalnya, hal itu akan menarik gir dengan daya besar dan menyebabkan baut longgar dan bergeser dari tempatnya. 

 

  1. Mengencangkan Rantai Kurang Tepat 

 

Memasang dan mengencangkan rantai dengan posisi kurang tepat bisa membuat rantai jadi cepat kendor. Tips saat mengencangkan dengan tepat yakni jarak kanan dan kiri arm-nya sama. Baiknya meminta bantuan teknisi jika memang kurang memahami caranya. Pasalnya, jika mengencangkan rantai tidak tepat bisa menyebabkan gir depan dan belakang tidak center. Sehingga rantai akan cepat kendor dan aus. 

 

  1. Gir Aus 

 

Gir yang sudah aus juga bisa menyebabkan rantai jadi cepat kendor. Gir aus biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan yakni jarang dibersihkan sehingga menyebabkan tumpukan kotoran. 

 

  1. Medan Jalan 

 

Sepeda motor yang kerap digunakan untuk menempuh perjalanan di medan yang sulit pasti akan lebih cepat kendor dibandingkan dengan sepeda motor yang melewati medan halus. Jalan yang tak rata, tanjakan dan turunan tajam sangat berpengaruh pada kinerja rantai. 

 

Selain itu, beban motor juga berpengaruh pada rantai yang cepat kendor. Apabila motor sering digunakan untuk membawa beban terlalu berat atau melebihi kapasitas maka akan menyebabkan rantai jadi cepat kendor. 

 

Jadi, itu beberapa penyebab rantai cepat kendor. Semoga bermanfaat ya!