Alasan Motor Berteknologi Rem ABS Lebih Mahal
0
157

Alasan Motor Berteknologi Rem ABS Lebih Mahal

Motor-motor produksi terbaru kini lebih banyak menawarkan opsi Antilock Braking System atau rem ABS. Rem ini memang telah teruji lebih aman untuk pengendara. 

 

Penggunaan rem ABS ini memiliki tujuan agar ban motor tidak terkunci saat pengendara menekan rem secara keras dan kuat sehingga membuat ban depan mengunci. 

 

Penggunaan rem ABS ini diketahui lebih mahal dan membuat harga motor lebih naik. Berikut ini beberapa alasan kenapa penggunaan rem ABS lebih mahal: 

 

Komponennya Mahal 

 

Perangkat modul atau komponen yang dibuat untuk menyusun ABS memang mahal. Bahkan, belum semua pabrikan motor mampu membuat ABS sendiri. 

 

Agar lebih murah, biasanya pabrikan mengakali dengan memasang ABS di salah satu rem saja. 

 

Lebih Aman 

 

Penggunaan rem ABS membuat keamanan pengendara lebih terjamin. Sehingga, daya jual motor meningkat karena penawaran ekstra keamanan tersebut. Tak heran kalau motor dengan rem ABS harganya memang mahal. 

 

Rem ABS disebut juga bekerja lebih pakem dan lebih cepat dibanding rem biasa. Hal ini membuat rem ABS diklaim lebih efektif menjaga motor tetap mudah dikendalikan meski mengerem secara mendadak

 

Itu dia alasan kenapa penggunaan rem ABS membuat harga motor lebih mahal. Tetapi tentu saja sebanding dengan keamanan yang ditawarkan.