Bahaya Motor Terendam Banjir Dalam Waktu Lama
0
112

Bahaya Motor Terendam Banjir Dalam Waktu Lama

Indonesia adalah negara dengan curah hujan yang cukup tinggi. Beberapa wilayah di Indonesia juga terancam banjir tiap tahunnya. Salah satu yang bisa terdampak karena banjir adalah sepeda motor. 

 

Dalam kondisi tertentu, tinggi banjir sulit diterjang misalnya, bisa membuat sepeda motor terpaksa terendam banjir. Padahal, sepeda motor yang terendam banjir cukup lama bisa berbahaya lho. 

 

Berikut ini risiko sepeda motor yang terendam banjir dalam waktu lama: 

 

  1. Motor Mogok 

 

Motor yang terendam banjir dalam waktu lama sudah dapat dipastikan akan mogok. Hal ini disebabkan karena mesin kemasukan air. Untuk itu, sebaiknya ketika banjir, segera pindahkan motor ke tempat yang aman.

 

  1. Suspensi Rusak 

 

Suspensi atau shockbreaker merupakan komponen yang terancam rusak saat motor terendam banjir dalam waktu yang lama. Gaya pegas pada suspensi biasanya akan berkurang setelah motor terendam banjir. Selain itu, suspensi yang kotor dan berlumpur jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan karat. 

 

  1. Bahan Bakar Tercampur Air 

 

Jika sudah terendam banjir dalam waktu lama, lebih baik bahan bakar segera dikuras karena kemungkinan besar terkontaminasi dengan air. Baiknya hal ini dilakukan oleh teknisi di bengkel agar bisa benar-benar dipastikan bersih dari air. 

 

Selain bahan bakar, oli juga sangat mungkin tercampur air setelah motor cukup lama terendam banjir. 

 

  1. Kelistrikan Rusak 

 

Sistem kelistrikan pada sepeda motor memang sebaiknya jangan terkena air secara langsung. Maka tak heran jika motor terendam banjir dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan komponen kelistrikan rusak. 

 

Untuk itu, setelah motor terendam banjir, baiknya jangan langsung dinyalakan. Bersihkan dan keringkan dulu kabel-kabel kelistrikannya untuk memastikan tak ada korsleting. 

 

  1. Karat 

 

Ada beberapa bagian pada sepeda motor yang berisiko berkarat saat terendam banjir, terutama pada bagian rangka. Pastikan segera mencuci dan mengeringkan sepeda motor setelah terendam banjir untuk meminimalisir terjadinya karat. 

 

Itu dia beberapa bahaya sepeda motor terendam banjir dalam waktu lama. Sebaiknya amankan sepeda motor dan kendaraan lain saat terjadi banjir karena biaya perbaikannya apabila terjadi kerusakan tidak sedikit.