Dok. Foto: Vespa Indonesia
0
171

Bukan Kaleng-kaleng, Spesifikasi Lengkap Vespa Elettrica yang Dibanderol Rp198 Juta

Vespa Elettrica akhirnya resmi dijual di Indonesia. Motor ini diperkenalkan pada 9 Agustus 2023 lalu oleh PT Piaggio Indonesia (PID). Motornya pun sempat mengikuti pameran di ajang GIIAS 2023.

Skuter listrik dengan bodi ikonik Vespa ini dijual dengan harga Rp190 jutaan. Ini menjadikan Vespa Elettrica jadi salah satu skuter listrik termahal saat ini di Indonesia.

Dari segi bodi, Vespa Elettrica terlihat seperti Vespa Primavera. Bedanya ya tentu saja di bagian belakang di mana tak terdapat knalpot. Sehingga, pelek bagian belakang nampak lebih jelas dan terdapat tulisan Elettrica.

Soal harganya, Piaggio sendiri menyebut bahwa skuter ini memang cocok bagi pengendara yang menghargai hidup premium ala Italia.

“Vespa Elettrica memang ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas kontemporer ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia,” ujar Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia dalam siaran pers resminya.

Soal spesifikasinya, Vespa tanpa suara ini dibekali baterai lithium-ion 48V 86 Ah. Baterai ini memiliki energi 4,2 kWh dengan bobot 25 kg.

Baterai ini dipadukan dengan dinamo bertenaga 3,6 kW. Menariknya, dinamo ini juga bisa menghasilkan tenaga maksimum sampai 4 kW dengan torsi 200 Nm di roda belakang.

Elettrica diklaim bisa menempuh jarak hingga 100 km saat menggunakan mode Eco. Pada mode Eco ini, kecepatan dibatasi sampai 40 Kpj.

Sementara ketika menggunakan mode Power, jarak tempuhnya menjadi 70 km. Di mode Power, kecepatan bisa mencapai 67 Kpj hingga 70 Kpj.

Ada juga mode Reverse yang akan sangat membantu saat parkir karena bisa untuk mundur.

Untuk mengisi daya baterainya membutuhkan waktu empat sampai delapan jam dengan tegangan 220 volt. Caranya sangat mudah, tinggal tarik kabel yang terletak di bawah jok.

Dok. Foto: Vespa Indonesia

Baterai skuter listrik ini telah memenuhi sertifikasi IP65, artinya baterai tersebut tahan terhadap debu dan air tekanan rendah. PID juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun.

Vespa juga mengklaim baterai dan dinamo bebas perawatan dan dapat memberikan efisiensi yang baik hingga 1000 siklus full charge. Setelah itu baterai masih mempertahankan 80 persen kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna.

Kelebihan Elettrica Kinetic Energy Recovery System (KERS). Di mana, sistem ini membantu efisiensi daya dengan mengisi ulang baterai ketika motor deselerasi atau mengerem. Sistem canggih ini yang membuat skuter listrik ini dibanderol harga tinggi.

Vespa Elettrica juga dilengkapi dengan panel instrumen berupa layar TFT (Thin Film Transistor) berukuran 4,3 inci. Berbagai informasi termuat di dalamnya, mulai dari kecepatan, kapasitas baterai, jarak tempuh, sampai efisiensi baterai yang memakai diagram balok.

Selain itu, motor ini juga tersambung ke smartphone pengguna melalui bluetooth karena dibekali sistem konektivitas VESPA MIA.

Vespa Elettrica ditawarkan hanya dalam satu warna yakni Azzurro Elettrico dengan sentuhan warna biru di lis bodi, dasi, bibir pelek dan lis jok.

Harganya Rp198 juta on the road DKI Jakarta. Untuk tahap pengenalan, Vespa menawarkan aksesori berupa topbox, Helm Vespa Genuine VJ Special Edition Elettrica dan bike cover Vespa Elettrica.