Cara Merawat Helm Biar Gak Gampang Rusak
0
137

Cara Merawat Helm Biar Gak Gampang Rusak

Helm adalah perangkat keselamatan yang sangat penting bagi pengendara sepeda motor. Saking pentingnya, penggunaan helm diatur oleh Undang Undang. 

 

Helm memiliki beragam tipe dengan harga yang beragam. Jika tak dirawat, helm juga akan gampang rusak dan tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk membelinya lagi. 

 

Untuk itu, baiknya merawat helm dengan baik agar tak gampang rusak. Berikut cara merawat helm yang baik: 

 

  1. Jangan Letakkan di Tempat Panas 

 

Saat memarkir motor, hindari meletakkan helm di atas spion karena helm akan mudah lecet dan terjatuh. Baiknya mengaitkan helm di jok motor agar lebih aman. 

 

Agar terhindar dari panas matahari juga bisa menggunakan tas helm dan membawanya bersamamu. Ini akan lebih aman dan helm tak akan terkena paparan sinar matahari langsung. 

 

  1. Cuci Helm Secara Berkala 

 

Cuci helm minimal satu bulan sekali agar helm bersih dan tak berbau. Jika malas mencuci sendiri, sekarang ada banyak jasa cuci helm yang mudah ditemukan. 

 

  1. Segera Keringkan Helm Setelah Kehujanan 

 

Helm juga baiknya segera dikeringkan setelah kehujanan. Caranya cukup mudah, copot bagian sponsnya dan letakkan di depan kipas angin. Bisa juga dengan meletakkan di tempat yang berangin. 

 

  1. Hindari Gunakan Helm Saat Basah 

 

Baiknya juga menghindari menggunakan helm saat rambut basah atau menggunakan krim rambut terlalu banyak. Hal ini bisa menyebabkan munculnya bau apek pada helm. 

 

Itu dia beberapa cara mudah merawat helm agar tak gampang rusak. Helm yang bersih dan wangi tentu saja menambah kenyamanan saat berkendara.