0
1076

Darmady Tjuatja : Motor TVS Tak Kalah Dengan Motor Jepang

GILAMOTOR.com, Bogor. – Tak bisa dipungkiri, hingga saat ini brand asal Jepang masih menjadi brand yang paling mengakar di hati masyarakat Indonesia karena dikenal dengan teknologi dan kualitas produknya. Namun perlu diketahui bahwa produk negara lain seperti India, juga memiliki kualitas dan teknologi yang mumpuni.

Di Negara asalnya, TVS sesungguhnya sudah hadir sejak 1911 dan menjadi salah satu produsen motor besar di dunia. Lantas mengapa di Indonesia TVS masih kurang dikenal? Wajar, karena keberadaannya di Indonesia bisa dibilang masih seumur jagung sehingga banyak yang belum mengenal lebih dekat pada motor India ini.

Sebagai merek yang belum memiliki kekutan seperti motor-motor Jepang di pasar otomotif roda dua tanah air, TVS memang harus memberi nilai lebih pada produknya untuk mampu bersaing dengan raksasa otomotif roda dua Jepang. Karena itu, TVS terus berkomitmen dengan menghadirkan produk berkualitas dan pengembangan jaringan layanan untuk konsumen di Indonesia.

Selain itu, TVS juga terus meningkatkan nilai investasinya di Indonesia dengan pengembangan dan perluasan pabrik nya di kawasan Karawang, Jawa Barat. Pabrik yang dimiliki TVS di Indonesia ini merupakan pabrik produksi motor pertama milik TVS di luar India.

Menurut Darmady Tjuatja selaku Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia, dahulu India dikenal dengan teknologi di bidang IT (Teknologi Informasi), kedokteran, perfilman dan tekstil. Bahkan India adalah negara yang mampu menyaingi keberadaan film Hollywood.

“Kini, India juga maju di industri otomotifnya dan bahkan India juga mempunyai teknologi sendiri. Perkembangan teknologi dan industri otomotif India sangat maju,” jelas Darmady Tjuatja di sela-sela acara Bedah Teknologi India Bersama TVS di Cisarua, Bogor.

“Kita bisa lihat teknologi dan fitur dari India yang ada pada motor-motor TVS. Bahkan ada beberapa teknologi dan fitur yang tidak dimiliki oleh motor Jepang,” tegasnya.

Yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat Indonesia, bahwa motor TVS yang diproduksi di Indonesia telah diekspor ke kawasan Asia seperti Filipina dan negara-negara Timur Tengah. Bahkan, TVS pun kini tengah membidik pasar ekspor ke Amerika Latin.

Penulis/Foto : @jayadi72