Dok. Foto: Kompas.com/KAI Logistik
0
270

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Kirim Motor ke Luar Kota

Beberapa orang dengan berbagai alasan harus mengirim sepeda motor mereka ke luar kota menggunakan jasa pengiriman. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk mengirim motor yakni towing dan ekspedisi.

Karena harganya lebih terjangkau, biasanya banyak orang lebih memilih menggunakan jasa ekspedisi. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengirim motor dengan ekspedisi agar motor tetap aman di jalan.

Berikut beberapa tips mengirim motor ke luar kota menggunakan jasa pengiriman:

1. Pastikan kendaraan apa yang akan digunakan untuk mengirim motor

Anda berhak mengetahui sepeda motor yang dikirim akan diantar menggunakan kendaraan apa. Bisa saja kereta api, truk atau yang lainnya. Pilihlah armada yang menurutmu paling pas untuk mengirim sepeda motormu.

Pilihlah ekspedisi dengan harga yang terjangkau tetapi kualitas terjamin agar motor tetap aman tak mengalami kerusakan berarti saat dikirim. Tetapi, biasanya untuk mendapatkan kualitas lebih baik memang biayanya lebih mahal.

2. Pastikan ongkos kirim sekaligus biaya packing

Jangan sampai setelah membayar ongkos kirim, Anda kembali diminta biaya packing motor. Untuk itu, pastikan dari awal bahwa biaya yang akan Anda kirim sudah termasuk biaya packing.

Mintalah petugas mempacking motor dengan sebaik mungkin. Biasanya hanya bagian roda yang tak tertutup.

3. Pilih jasa ekspedisi terpercaya

Jangan percayakan kendaraan Anda pada jasa ekspedisi abal-abal. Pastikan motor Anda dikirim dengan ekspedisi terpercaya sehingga keamanannya terjamin.

4. Asuransikan motor Anda

Asuransi motor sangat penting untuk kendaraan yang akan dikirim lewat ekspedisi. Pasalnya, pihak ekspedisi biasanya tak bertanggung jawab pada kerusakan motor yang dikirim.

Jika terjadi kerusakan, biasanya pihak ekspedisi hanya akan mengganti 30 persen biaya pengiriman. Sementara, kerusakan ditanggung sendiri. Untuk itu, baiknya motor diasuransikan sehingga kerusakan juga ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi ini biasanya membutuhkan dana sekitar Rp100 ribu untuk sepeda motor senilai Rp30 juta.

5. Lepas spion

Baiknya melepas spion karena itu merupakan komponen yang mudah dilepas dan dipasang. Melepas spion juga membuat motor lebih ringkas.

6. Jangan kirim dalam waktu mepet

Jangan kirim sepeda motor dalam waktu yang mepet. Usahakan kirim sepeda motor jauh-jauh hari. Hal ini agar petugas tak terlalu terburu-buru dalam mengirim motor Anda sehingga mengurangi risiko terjadi kerusakan.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mengirim motor. Penting juga untuk mencatat nomor resi pengiriman motor Anda agar tahu status pengiriman motor Anda.