0
469

Honda Cross Cub 50, Motor Irit Ini Resmi Masuk Indonesia

Selama ini motor Honda yang terkenal irit adalah BeAT. Tapi rupanya ada lho motor Honda yang lebih irit dari BeAT.

Motor tersebut bernama Honda Cross Cub 50. Motor ini diklaim super duper iri lantaran satu liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak hampir 100 km, tepatnya 94 km.

Motor ini sebenarnya hanya dipasarkan untuk pasar Jepang alias JDM (Japan Domestic Market). Tetapi, salah satu importir umum asal Indonesia, Safari Motor bisa membawanya ke Indonesia.

Motor seperti Honda Cross Cub 50 ini pastinya akan sangat memikat para kolektor.

Kamal Firhad Almunawar dari Safari Motor menyebut hanya ada sedikit unit yang berhasil dibawa ke Indonesia.

Menurut Kamal, Honda Cross Cub 50 bakal dijual full paper alias dengan surat-surat lengkap. Wah, ini sebuah keistimewaan pasalnya jarang ada motor impor dari Jepang 50cc yang memiliki surat lengkap.

Honda Cross Cub 50 sendiri disebut masih satu konsep dengan motor bebek termahal Astra Honda yakni CT125.

Motor bebek berkonsep dual purpose ini memang didesain untuk aktivitas outdoor. Selain dua produk tersebut, ada juga Cross Cub 110.

Soal daya tarik dari Honda Cross Cub 50 memang pada konsumsi bensinnya yang super irit.

Hasil uji oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, ketika Honda Cross Cub 50 dipacu dengan kecepatan konstan 30 km/jam hasilnya bisa mencatatkan konsumsi bensin 94 km/liter.

Maka, dengan kapasitas bensin penuh yakni 4,3 liter, motor ini mampu menempuh jarak sejauh 404,2 km. Jarak yang terbilang sangat jauh untuk sekali isi bahan bakar bukan?

Sementara, klaim versi World Motorcycle Test Cycle (WMTC) mencatatkan dengan beragam kondisi kecepatan memiliki hasil 69,4 km/liter.

Motor ini bisa sangat irit lantaran kapasitas ruang bakarnya hanya 49 cc dan memiliki konfigurasi over stroke, bore 37,8 mm dan langkah piston 44 mm.

Soal dapur pacu, Honda Cross Cub 50 menggunakan mesin injeksi PGM-FI dan memiliki transmisi 4 speed model rotary ini tenaga maksimumnya hanya 3,6 dk di 7.500 rpm.

Sayangnya soal harga, Safari Motor belum mau membocorkan nih.