Honda Forza vs Yamaha XMAX, Intip Spek Skutic 250cc Ini
0
41

Honda Forza vs Yamaha XMAX, Intip Spek Skutic 250cc Ini

Motor skutik hingga saat ini masih merajai pasar otomotif. Salah satu yang kian banyak peminatnya adalh skutik dengan mesin gambot. 

 

Dua produk terbaru yang lumayan bersaing ketat saat ini adalah Yamaha XMAX 250 cc dari Yamaha dan Honda Forza 250. Buat kamu yang masih bingung mau membeli yang mana, yuk kita intip adu spesifikasinya berikut: 

 

Segi Fitur dan Teknologi 

 

Pertama yang bakal kita bahas adalah soal fitur dan teknologi yang ditawarkan. Dimulai dari kemampuan motor membawa barang bawaan, sebagai motor gambot hal inilah yang paling diunggulkan. 

 

Yamaha XMAX lebih unggul dengan jok yang mampu menampung dua helm full face. Selain itu, jok XMAX juga masih bisa muat untuk barang-barang kecil lainnya. 

 

Sementara, untuk Forza sebenarnya ukurannya sama saja tetapi lebih dangkal jika dibandingkan XMAX. 

 

Untuk tempat penyimpanan di bawah setang, XMAX memiliki dua tempat penyimpanan barang kecil. Sementara Forza hanya memiliki satu tempat tetapi dalam dan luas. 

 

Dua-duanya memiliki power outlet yang berfungsi untuk mengisi daya smartphone ataupun GPS. 

 

Soal fitur windshield yang cukup berpengaruh ke kenyamanan, XMAX masih manual, bisa disetel tetapi harus bongkar menggunakan kunci. Sementara Forza lebih canggih karena elektrik sehingga hanya butuh pencet tombol dan bisa turun naik sendiri. 

 

Soal segi lampu, XMAX masih ada lampu bohlam untuk lampu seinnya. Sedangkan lampu utama sudah menggunakan LED. 

 

Sementara Forza lebih unggul karena sudah full LED jadi lebih modern dan lebih hemat listrik. Selain itu, penggunaan lampu LED juga bikin lampu lebih awet jadi tak perlu sering gonta-ganti. 

 

Untuk fitur keamanan, XMAX dilengkapi dengan keyless tapi belum menggunakan alarm. Sementara Forza sudah menggunakan keyless sekaligus alarm dan answer back system. 

 

Dok. Foto: Yamaha

 

Desain 

 

Soal desainnya sebenarnya masing-masing memiliki sisi unik sendiri. XMAX memiliki desain sangar. Hal ini tampak dari desain bagian depan yang tampak seperti wajah marah. 

 

Sementara Forza didesain sporty yang memiliki garis di bodynya cukup tajam. Sehingga terkesan meski gambot tetapi Forza tetap tampak ramping dan fleksibel. 

 

Posisi jok 

 

Yamaha XMAX memiliki ketinggian jok 795 mm. Joknya terbuat dari busa yang cukup tebal dengan kulit pelapisnya lumayan lentur. Sehingga cukup bikin pengemudi nyaman dan betah saat harus berkendara jarak jauh. Dipadukan dengan setang yang cukup tinggi, hal ini membuat pengemudi lebih nyaman dan tak mudah capek.  

 

Sementara jok Forza lebih rendah yakni 780 mm. Bentuk jok Forza ini lebar, sehingga memiliki kesan tinggi. Dipadukan dengan setang yang terasa cukup jauh dengan kaki-kaki, sehingga pengemudi bisa selonjoran saat berkendara. 

 

Mesin 

 

Soal mesin keduanya memiliki mesin sama yakni  1 silinder 250 cc SOHC 4 katup injeksi berpendingin cairan dengan transmisi CVT. Meski mirip, mesin kedua motor ini memiliki detail yang berbeda. 

 

XMAX memiliki kapasitas murni 249,6 cc dengan kapasitas tenaganya diklaim 22,5 dk di 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm di 5.500 rpm.

 

Sementara, memiliki kapasitas murni 249 cc. Klaim tenaga Forza yakni punya klaim tenaga maksimal 23,1 dk di 7.500 rpm dan torsi 24 Nm di 6.250 rpm.

 

Body 

 

XMAX memiliki berat 181 kg. Motor ini cukup sulit dikendalikan saat di belokan. Pasalnya, tiap berbelok motor seperti akan jatuh. Pengemudi jadi harus menahan setang agar tak terjatuh. Keunggulan terletak pada suspensi yang mampu meredam setiap guncangan. 

 

Sementara Forza memiliki berat 182 kg. Meski lebih berat tapi Forza lebih ringan dan lincah dikendarai. Sayangnya, suspensi belakangnya bantingannya disebut terbilang cukup keras nih. 

 

Itu dia perbedaan antara Yamaha XMAX dan Honda Forza. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Kamu pilih mana nih?