0
2727

Ini Penyebab Ban Kempes Selain Paku

Gilamotor.com – Mengalami ban kempes saat berkendara pastinya bikin kesal dong Gilmoters. Terlebih kita tengah terburu-buru ataupun saat melintasi jalan yang sepi. Ketika mengalami hal ini biasanya pengendara akan menyalahkan benda tajam khususnya paku sebagai kambing hitam. Tapi nyatanya penyebab ban kempes bukan hanya paku loh Gilmoters.

Nah berikut adalah hal-hal yang bisa menyebankan ban sepeda motor Gilmoters kempes :

  1. Kurangnya Tekanan Angin

Kurang angin merupakan hal yang paling lumrah, apalagi kalau Gilmoters jarang sekali mengeceknya. Karena seiring berjalannya waktu, partikel udara dalam ban akan menyusut. Inilah salah satu faktor yang membuat tekanan angin berkurang. Solusinya? Ya sering-sering mengecek tekanan angin, minimal sebulan sekali.

(Baca Juga : Perhatikan Hal Ini Kalau Mau Pasang Pelek Moge)

  1. Benda Asing Antara Ban dan Pelek

Salah satu penyebab ban kempes selanjutnya adalah adanya butiran pasir yang menumpuk antara ban dan pelek, sehingga menimbulkan celah. Hal tersebut menyebabkan angin keluar secara perlahan yang dapat berujung pada ban kempes. Untuk menghindarinya, Gilmoters harus rajin-rajin membersihkan daerah tersebut.

  1. Pentil Kendor

Pentil, beda kecil yang punya peran cukup krusial ini juga kerap menjadi penyebab ban kempes. Apalagi kalau pentil tersebut kendor, maka angin dapat keluar secara perlahan-lahan. Dan untuk mengetahui ada kebocoran atau tidak, Gilmoters bisa membasuh air sabun pada daerah pentil. Bila ada gelembung dipastikan terdapat kebocoran.

  1. Kondisi Ban Tipis

Apabila pemakaian sudah lama hingga kondisi ban menipis. Segera ganti ban motor kamu untuk menghindari kebocoran. Karena ban yang permukaannya sudah tipis akan lebih lemas tertusuk oleh benda tajam.

  1. Kualitas Ban

Dan penyebab ban kempes yang terakhir adalah kualitas ban itu sendiri, Gilmoters. Ban yang punya kualitas baik tentunya dapat meminimalisir kebocoran. Kualitas sebuah ban motor dapat terlihat hasil uji kualitas Nasional (SNI) dan Internasional. (okz)