Dok. Foto: Powertron Battery
0
135

Jangan Sepelekan, Kebiasaan Buruk ini Bikin Aki Motor Cepat Soak

Salah satu komponen motor yang harganya cukup mahal adalah aki motor. Pasalnya, komponen ini sangat penting sebagai sumber listrik untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Untuk itu, lebih baik merawat aki daripada harus menggantinya. Ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tak disadari membuat aki cepat soak.

Dengan kondisi normal, aki memiliki masa pakai satu hingga dua tahun. Namun, jika pemakaiannya sembarangan usia aki bisa di bawah masa pakai tersebut.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan aki cepat soak:

1. Motor jarang dihidupkan

Untuk membuat aki berumur panjang bukan berarti menghematnya dengan jarang menghidupkan sepeda motor. Kebiasaan ini justru akan membuat aki semakin cepat soak.

Ketika motor tidak dinyalakan sebenarnya aki tetap berfungsi. Kondisi ini akan menyebabkan setrum menghilang. Mesin yang tidak dinyalakan, satu hari akan kehilangan daya 0,1 sampai 1 volt. Menghidupkan mesin sendiri berfungsi sebagai self charging.

Pada sepeda motor yang jarang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, baiknya memanaskan motor 10-15 menit sehari. Biasanya, motor akan sulit dinyalakan jika dalam seminggu mesin tak pernah dihidupkan.

2. Menambah aksesori

Jangan disepelekan, menambah aksesori pada sepeda motor juga bisa menambah beban kerja motor. Apalagi jika aksesori ini berlebihan di area lampu dan klakson.

Modifikasi berlebihan pada area lampu dan klakson akan membutuhkan listrik jauh lebih besar dari suplai listrik yang dialirkan ke spul dari aki. Hal ini bisa menyebabkan aki drop.

Agar aki tetap awet baiknya menggunakan lampu dan klakson sesuai pabrikan.

3. Kepala aki kotor

Aki sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tak ada kotoran menumpuk. Biasanya akan muncul serbuk putih yang mengumpul di kepala aki, jika dibiarkan akan menghambat pasokan listrik.

Perawatannya sendiri cukup sederhana yakni menyemprot cairan silikon pembersih.

4. Mengisi daya tak tuntas

Mengisi daya yang tak tuntas juga akan menyebabkan aki soak. Secara prinsip, mengisi daya aki mirip dengan charging ponsel.

Jika aki sudah drop, biasanya langkah pertama akan dilakukan pengisian daya. Tetapi jika mengisi dayanya tak penuh terisi ulang, maka ketika dihubungkan dengan sepeda motor akan drop lagi.

Untuk itu, penting memperhatikan pengisian daya aki ini tidak kurang juga tidak berlebihan.