0
933

Jelang MotoGP 2010 : Spectacular Night Race

Hanya tinggal beberapa hari lagi, perhelatan akbar MotoGP 2010 akan segera berlangsung dimana 17 pembalap akan beraksi dibawah gemerlapnya sinar lampu sirkuit Internasional Losail, Qatar. Balapan pembuka musim 2010 ini juga akan menjadi ajang perebutan posisi awal, kendati jalannya pertempuran di lintasan masih sangat panjang.

Valentino Rossi sang juara bertahan akan berusaha keras mempertahankan posisinya dan merebut gelar juara ke sepuluh nya. Tak hanya itu, Rossi akan berusaha keras untuk mencapai hasil maksimal setelah pada tahun lalu Rossi hanya berada pada posisi kedua setelah Stoner di sirkuit yang sama. Memang Rossi pernah menoreh sejarah manis di sirkuit ini pada tahun 2005 dan 2006. Namun kala itu balapan berlangsung pada siang hari.

Pembalap Ducati Marlboro, Casey Stoner yang pada sesi latihan kemarin berhasil mengentaskan dominasi The Doctor akan berusaha mengulang sukses. Dirinya akan berjuang keras menghadapi rival-rivalnya terutama pada trak lurus.

Sementara rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo akan menjadi rival terberat Rossi bersama dengan Casey Stoner, Pedrosa dan pembalap lainya yang dilintasan bisa saja menjadi yang tercepat.

Seperti yang pernah diungkapkan Rossi, “Sekarang sangat sulit untuk mengatakan siapa musuh paling sulit dalam balapan nanti. Saya pikir mereka semua berada pada level kehebatan yang sama, ini sulit untuk menghantam siapapun dari mereka. Mereka semua pembalap yang kuat, mereka bisa menjadi sangat cepat pada setiap lintasan dan kondisi, serta memasuki sesi selanjutnya mereka semua akan mampu memenangkan kejuaraan ini. Motor 2010 ini akan membuat perbedaan, tapi saya pikir ketiga pembalap (Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa) akan menjadi sangat sulit untuk dikalahkan.”

Dengan motor baru YZR-M1 2010 yang dirasakan Rossi sudah sangat baik akan berjuang menghadapi rival-rival terberatnya. Takhanya itu, pendatang baru yang tak boleh dianggap remeh seperti Marco Simoncelli, Ben Spies, Alvaro Bautista, Hiroshi Aoyama dan Hector Barbera bisa jadi batu sandungan yang berat bagi Rossi. Ini terbukti dari beberapa kali sesi latihan, para pendatang baru ini berhasil menunjukan aksi yang sangat baik.

Dan hal terpenting yang harus dihadapi adalah regulasi baru dimana setiap tim hanya diperbolehkah menyediakan enam mesin untuk satu musim. Tak pelak, hal ini membuat para engineering tiap tim harus bekerja lebih keras guna menghadirkan mesin yang lebih tangguh. Dan balapan malam hari di Qatar ini akan menjadi sangat spektakuler.

Seperti dikatakan Rossi pada Autosport, “Pra musim telah berlalu dengan baik buat saya begitu juga dengan Yamaha M1 pun tampil baik. Yamaha dan Bridgestone telah melakukan tugas dengan sangat baik dan kami telah melaju cepat.

Foto : MotoGP.com