Dok. Foto: Kawasaki Europe
0
174

Kawasaki Perkenalkan Motor Hybrid Ninja 7 HEV, Canggih dan Irit

Kawasaki Motors Europe resmi memperkenalkan hasil produksi motor hybrid. Motor tersebut diberi nama Kawasaki Ninja 7 2024 atau HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Sebelum dirilis, motor hybrid ini sudah lebih dulu dipamerkan di ajang EICMA 2022 lalu. Ninja 7 HEV ini direncanakan akan mulai tersedia di April 2024.

Untuk spesifikasinya, Ninja 7 HEV mengawinkan mesin 451cc dua silinder segaris dengan motor listrik bertenaga 12,1 TK. Kombinasi ini berhasil menghasilkan tenaga total yang disalurkan ke roda belakang sebesar 69,1 TK. Menariknya, tersedia versi manual shift atau automatic gearshift.

Kawasaki menyebut, Ninja 7 HEV memiliki kemiripan paling dekat dengan motor konvensional atau ICE (Internal Combustion Engine) berkapasitas 650cc hingga 700cc untuk soal ukuran fisik serta performa. Sementara penamaannya sendiri memang dibuat unik untuk menarik perhatian konsumen.

 

Motor ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti fungsi idle stop, yakni sistem di mana pembakaran dalam mesin berhenti ketika motor benar-benar diam. Jadi, motor ini diklaim lebih hemat bahan bakar.

Fitur ini sebenarnya sudah akrab untuk beberapa skuter, tetapi untuk sepeda motor berkapasitas mesin lebih besar sepertinya ini salah satu yang pertama.

Selain itu, Ninja 7 HEV punya fitur electronic boost yang menawarkan akselerasi instan layaknya moge dengan kapasitas 1.000cc dari posisi diam. Performa luar biasa tersebut dilengkapi dengan konsumsi bahan bakar setara motor 250cc, nggak heran kalau Kawasaki mengklaim motor satu ini sangat hemat bahan bakar.

Untuk distribusi bobotnya, baik motor listrik dan baterai lithium 48V dipasang di tengah-tengah. Keduanya ini tertutup fairing yang terdiri dari beberapa lapis warna.

Mode berkendaranya terdapat tiga yakni Sport-Hybrid, Eco-Hybrid, dan EV. Untuk EV, motor bisa berjalan hanya dengan dinamo, tapi kecepatan dan jarak tempuhnya terbatas.

Ada juga walk mode yang bikin pengendara lebih mudah buat parkir maju atau mundur. Sayangnya, belum ada bocoran harga untuk motor Ninja 7 HEV ini. Harganya bakal diumumkan mendekati hari-hari peluncurannya. Bikin penasaran ya!