Kenalan Dengan Pertamax Green 92, BBM Calon Pengganti Pertalite
0
64

Kenalan Dengan Pertamax Green 92, BBM Calon Pengganti Pertalite

Bagi pengguna bahan bakar Pertalite, siap-siap karena Pertamina berencana menggantinya dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru yakni Pertamax Green 92. Artinya, pertalite nantinya akan dihapus dan tak ada lagi. 

 

Hal ini tentu saja membuat banyak orang penasaran tentang spesifikasi Pertamax Green 92. Dijelaskan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bahwa Pertamax Green 92 adalah campuran RON 90, yaitu Pertalite, dengan 7 persen etanol. 

 

Penggantian Pertalite dengan Pertamax Green 92 ini mengacu pada aturan BBM untuk kendaraan Euro 4 yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yaitu minimal RON 91. Dengan campuran pada Pertamax Green 92, maka kandungan BBM tersebut adalah RON 92. 

 

Lebih jelasnya, dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 20 Tahun 2017 tentang Euro 4 ditetapkan spesifikasi BBM bensin yakni minimal RON 91, kandungan timbal (Pb) minimum tidak terdeteksi dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm. 

 

Sesuai aturan tersebut, Pertamina pun menilai penggunaan Pertamax Green 92 sudah sangat sesuai karena disebut bisa menurunkan karbon emisi dari sisi efek lingkungan. 

 

Selain itu, peraturan KLHK tersebut juga mewajibkan mobil-mobil baru di Indonesia memenuhi Euro 4 sejak 2018. Sebelumnya, BBM di Pertamina yang memenuhi Euro 4 hanya Pertamax Turbo dan Pertamax Green 95 yang diluncurkan pada Juli 2023 lalu. 

 

Seperti diketahui, saat ini Pertalite adalah BBM subsidi. Maka, ketika nanti Pertalite dihapus, maka Pertamax Green 92 akan menggantikannya sebagai BBM subsidi. 

 

Sampai saat ini sendiri Pertamina menjual empat jenis BBM yakni Pertalite, Pertamax, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo.