53
10681

Kymco Indonesia Community : Kumpulan Orang Kurang Waras

GILAMOTOR.com, Tangerang. – Meski tanpa dukungan dari ATPM, para penunggang motor Kymco ini tetap solid berdiri di antara ratusan komunitas motor yang di belakangnya didukung oleh pabrikan.

Kwang Yang Motor Company Ltd, (CYMCO) memang sangat dikenal di Amerika dan Eropa, namun sayang keberadaannya di Indonesia tak semulus di luar sana. Namun patut diacungi jempol bagi para penunggang Kymco yang tergabung dalam konunitas Kymco Indonesia Community, kendati tanpa dukungan ATPM Kymco di Indonesia, mereka tetap berjalan mandiri.

Menurut mereka, Kymco Indonesia Community bukanlah sebuah club motor, tapi hanya sebagai ajang dan sarana berdiskusi dan berinteraksi antara sesama pengguna motor Kymco. Dari interaksi tersebut diharapkan mewujudkan rasa persaudaraan dan komunikasi yang baik antar pengguna Kymco di Indonesia.

Dalam acara test ride SYM Attila dan Shark di Bintaro, Tangerang, salah seorang penunggang Kymco mengatakan bahwa mereka dalah orang “kurang waras”. Pasalnya, meski motor yang jadi tunggangannya tak mendapat dukungan dari ATPM baik urusan sales, service dan spare part, tapi mereka masih tetap setia dengan Kymco.

“Di luar sana orang-orang menilai bahwa komunitas ini adalah kumpulan orang-orang yang “kurang waras”. Meski tanpa dukungan ATPM dan susah mencari spare part, bengkel untuk servis, tapi kami masih setia dengan Kymco. Sekali kepatil Kymco susah pindah ke lain hati,” tutur Hilman, salah satu pengguna Kymco.

Hilman mengatakan bahwa dia pernah memalingkan hatinya ke skutik merek Jepang, tapi itu tak berlangsung lama. Tak sampai satu tahun, hatinya masih dipenuhi cinta dengan Kymco dan dia menjual skutik itu untuk kembali ke Kymco.

Kehadiran brand Sang Yang Motor (SYM) yang diageni oleh PT Sentra Karya Ekamegah di Indonesia, rupanya sedikit banyak memberi angin segar bagi komunitas ini. Pasalnya motor produksi SYM ini memiliki gen yang sama dengan Kymco serta menjamin layanan purna jualnya.

Penulis/Foto : @jayadi72

53 COMMENTS

  1. lebih gilanya lagi, rata2 kymcoers punya lebih dari satu type kymco… minimal 2type, bahkan ada yang sampe punya 5motor kymco dengan tipe yang berbeda-beda… yang gendeng sopo yo… gila karena make motor nyaman, minim vibrasi, isi bensin gak usah sering2 mampir spbu krn kapasitas besar dan ra usah turun (kecuali di shell) tetep…
    mungkin khusus penikmat riding aja kali yang demen kymco hehe…

  2. Hari gene kan kymco motor murah mungkin aja yg pake kymco ngga mampu beli motor lain jadi karena dari dulu punya cmn itu ya dirwat aje sampe jebol.

  3. wah, siape bilang ga mampu beli motor lain…. kl dah cinta mah beda… kymco yg baru sekarang masuk pake nama benson dgn 3 varian, harga di kisaran 21-24juta… tahun 2000 aja kymco trend 2000 harganya dah di 14jt, sementara motor2 lain plg 9-10jt.. pecinta kymco mmg ‘kurang waras’, tp kita tau motor ini enak… dan jg ga pasaran kyk motor jepang….

  4. repot kalau udah kena racune kymco….. dijamin emang jd gak waras…kayak saya ini…akut…..

  5. kymco enggak pernah lekang d makan waktu…long life model…makanya sekarang banyak motor jepun pada niru kymco

  6. SARAN : JANGAN NYOBA APALAGI BELI KYMCO!!
    Ane kenal kymco saat beli Free LX 2007. Niatnya beli skutik bagasi besar dan ridingnya cocok di hati. Dari Skywave dan NouvoZ, pilihan jatuh ke LX. Karena lincah, akselerasi-top speed oke, konsumsi bensin irit, dan floordeck lega. Sekarang ordo dah 80 ribu km, meski kabel spido dah berbulan2 putus dan ganti 4 kali.. Baru sebulan lalu dapat teman buat si LX, si legendaris Trend th 2000.. Begini nih nasibku karena beli KYMCO, penginnya nambah.. Makanya jgn nyoba palagi beli kymco deh..

  7. @GD250Silver, coba ente masuk aja ke web http://www.kymco.or.id bro…lagi ada bidding TSR merah hitam punyanya salah satu rekan Kymco yg akan ditutup sabtu tanggal ini…moga-moga jodoh tuh… (^_^)

  8. motor kimco umur hampir 12 tahun performa masih seumuran motor laen umur 3 tahun, gila ngak tu…

  9. buat yang nggak suka Kymco….nggak usahlah banyak omong di forum ini, kalau mindset kalian masih motor irit, bentuk ‘trendy’ (katanya sich….makan tuh iklan), stiker baru…hehehehee apalagi ya….ohyya harga jual tinggi ‘wadouuuwww’, spare part murah hahahaha emang nggak ada kualitas, pantesan murah…….. please dech, namun kalian sama sekali nggak mikir ke kenyamanan……

    Ya udah nggak bakalan ketemu, analoginya kita bicara musik Jazz kalian ngobrolin dangdut….yach nggak bakalan ketemu….capek dech

  10. saya mohon bantuan kpd sdr penggemar dan pemilik bengkel spare parts kymko : kanpas koplink untuk spike 2002 di mana adanya dan berapa harganya
    atas bantuan sdr saya ucapkan terima kasih
    hormat saya,
    suprapto bandung

  11. punya kymco itu sudah takdir Tuhan jadi ya jangan diolok, ejek atau rendahkanlah. Nanti anda berdosa sama Tuhan dan manusia. Kalau anda ga dimafkan sama Tuhan atau orang yg punya kymco yg anda ejek itu anda kan akan repot nanti di akhirat. Anda percaya ga nanti itu ada akhirat ? sudahlah yg seneng kymco ya biarin yg suka hyundai ya biarin yg KTM ya terserah ga usah goblok2in jelek2in dsb. ayo kita akur2 saja mdh2an kita ga tabrakan di jalan aamiin

  12. gan mw nanya,,, ane posisi d’plmbng, ane mo nanya lw nyari as kruk mtor kymco free mx dmn y,,,
    coz ane ngubek” d’sumtra gx ad, n gx ad yg nyama’n,,, dah 2 tahun motr koma d’rmh skit, gara as kruk’y gimbal,,,, ?

  13. Gw punya Cevira 110 dari tahun 2003, mesin belum ad masalah, sparepart fast moving sperti kampas rem, gear set dan shock belakang ud pernah ganti utk bisa disubtitusi dgn part motor lain. pernah niat ganti ke motor lain tp karena fungsi dan bandelny bikin batal pindah ke lain hati, terakhir di bawa ke rumah tetangga, eh malah disangka motor baru hehehe dan jg belum pernah service besar sejak dari beli, km skrng ud 33 ribuan km(lumayan hebat), sekilas curcol 😉

  14. Motor Matic Kymko tdk kalah enaknya dengan motor matic buatan jepang & di Bandung sendiri hanya ada satu bengkelnya (itu pun karena yg empunya bengkel punya banyak jenis Kymko…
    Tp jangan takut..maju terus

  15. secara pribadi gw ga kecewa ma kymko ini berdasarkan pengalaman yg gw dapet tentang kymko th 2006 tetangga gw jual motor ke brother gw dalam kondisi gres masih baru masih 0km tuh motor ga nyusahin perwatannya dan yg pling gw bingung tuh cdi bru mati 2012 n gw sendiri yg bli tuh cdi,dan matic pling nyaman deh buat kelas matic memang klah nama sama matic2x jepang punya ,banyak yg bilang sperpartnya susah!!! terang aaj susah lah ga mau nyari ya pasti susah klo nyari pasti ada contoh kecil gw masih dapet tuh jeroannya hehehhe bukan narsi tpi kadung jatuh hati gw ma kymko

  16. lanjutannnya nih hehhehh gw ga bisa bilang dah motor jepang memang bgus di jual lg jga masih bgus.bgus di awal paling banter 6 th tuh motor ud mulai sering ngadat.heheh kenyang deh gw pk matick jepang gw punya dari nuvo 2002 ,ganti mio 2005,sampai sekarang pk beat ud masuk th ke 5 ada aj yg ngadat ZZZzzzzz capek deh . tp semenjak pk kymko ud 6 th lom pernah ganti kopling ganda cdi baru amsyong kmarin ,n sperpartnya jg murah baru aj kemarin gw ke Service matick station di depok ga nyeseldah buat yg punya kymko nyamaaaaaaaancuy brem,brem .

  17. Numpang nanya mas mbak bro,
    Ane punya cevira neh, bodynya udah pada patah+retak. Kira-kira ane bisa beli bodynya dimana ya?

    oiya, ane posisi di surabaya, kalo bisa sih yg deket-deket aja

  18. keracunan Kymco semenjak taun 2000an
    “bukan bebek bukan scooter”
    emang mantap nih motor…two thumbs up sayang varian cevira & spike gak sehebat versi matic

    eh ada yang punya ventura gak ya??? ane pengen ventura lagi nih

  19. Motor Kymco semuanya gendut2, motor Jepun malah peot & langsing… tp skarang motor Jepun malah niru kayak Kymco, mulai dr bagasi & teknologinya Kymco.

  20. hahaha…. ini kita yg pada nulis sptnya jg masuk golongan kurang waras itu… wakakakak…

    @Rahmat: salah pak, bengkel KYMCO di Bandung banyak, ada lebih dari 5 s/d saat ini…..

  21. Aku ada matic jepang yang gambot Yamaha tapi aku gak bisa ninggalin Kymco apa aku juga gak waras ya….?

  22. ..jadi pengen beli moto kymco…
    dulu saya dapet hadiah sekitar th 2001 ..Kymco Trend zr( bener ngk ya..)…juara lomba balap kymco belanja 4 hypermart….wkwk…motor kymco tren zr,..bisa di geber 130..km..jokinya sampe takut..

    berhubung..sy dulu sdh beberapa motor…lalu trend zr sy jual via dealer…
    eh sekarang kangen lg ama kymco..
    …hidup kymco ers

  23. Abang-abang yang baik, ane ada khasus nih. Ane punya Kymco Libero, kalau dipakae sebentar sih normal-normal aja tapi kalau udah jarak jauh (Panas) larinya mulai endut-endutan. ane bawa ke bengkel katanya kena CDInya, terus itu bengkel gak punya (CDI Kymco Libero susah di cari). Apa mungkin CDInya bisa diganti dengan CDI yang lain, mohon pencerahannya Abang-abang…
    Thx…

  24. Sore kymcoers, aku punya trend 125, kondisi cdi rusak, dulu pernah beli tapi diboongin sekarang sdh 2 bln nganggur, mohon infonya kalau diseputaran cibinong ada yg jual, jujur motor ini enak banget, cuma ground distancenya agak rendah jd suka gesek sama polisi bobo, aku punya 6 mtr dgn 4 merk berbeda dan terenak ya kymco trend 125ku…. tlg jangan afkirkan motor enakku para kymcoers…. HELP

  25. Selamat sore bapak-bapak, wah saya punya pengalaman banyak nih tentang kymco. Saya pengguna Kymco Cevira 110 cc tahun 2004, lebih muda setahun setahun dari bapak yang diatas (maaf karena saya gak baca namanya). Cevira itu saya beli second tahun 2006, kondisinya seperti baru dan kilometernya waktu itu baru 11.000 km. Sampai sekarang motor ini masih saya gunakan sehari-hari dan kilometernya sudah 99.000 . Saya perkirakan akhir tahun 2013 nanti kolometernya akan kembali ke NOL lagi. Kondisiny mesinnya luar biasa dan belum pernah turun mesin karena saya selalu rajin ganti oli setiap pakai 3000 km. Saya pakai prima xp, jadi motornya selalu awet olinya.

    Saya rasa gak bisa ganti lagi ke motor lain, walaupun banyak penawaran…saya juga bingung kenapa begitu.

    Saat ini saya ingin mencari cover2 bodynya karena sudah mulai gugus warnanya dan sitckernya sudah mulai redup. saya juga ingin cari kalau ada yang jual stickernya.

    Untuk para kymcoers mohon bantuannya, Saya nama Soetan A Bahar, telepon 085320382530. Terima kasih atas perhatian bapak-bapak kymcoers lainnya.
    wslm P Soetan.

  26. mas2 sekalian,
    kebetulan motor pertama saya kymco spike 120 cc dan selama 7 tahun motornya enak banget dipake belum pernah turun mesin sampe 2011. Tapi karena kecelakaan si Robert “my Spike” sakit, oli bocor , body coak dan sudah tidak terurus setahun ini.
    Boleh diinfokan didaerah jakarta selatan atau depok yang masih menjual sparepart nya? tolong saya diemailkan [email protected] ..
    thanks
    Ipank

  27. Para pencinta Kymco Yth,

    Saya punya Kymco Matica 125 tahun 2001, barang mulus seperti baru. Saya liat mesinnya sama pendingin udaranya sama persis dengan Vario Techno 125 yang baru.Mesinnya juga relatif sama dan gak ada bedanya.

    Kalau ada yang tau perbedaannya dimana mohon infonya ya. Karena saya kerjanya memang suka bongkar mesin….mohon infonya para ahli sepeda motor…..kymco….honda…..saya tunggu feedbacknya…..terima kasih…..

  28. Untuk Pak Edo yang punya kymco trend 125,

    kalau CDI rusak Insya Allah bisa dibantu. Jangan sampai karena CDI saja jadi gak bisa jalan. Onderdil Insya Allah saya ada contact personnya. Hubungi saya aja di 022-71293821 pakai flexy, sms juga bisa. Wslm Soetan.

  29. sebelum kymco keluar ane dah liat iklannya di ps minggu…..dulu grup lippo kayanya yang mau masukin…..di tunggu2 ngk keluar2 …akhirnya thn 2002 ane beli metica125 sebulan setelah anak ane lahir…di saat yang lain milih tiger 2000 atau RX King…..(nyari yang gas rem ajeh…biar simple…mahal dikit ngk masalah,…secara PP kantor – rumah lebih dari 50KM)..heheheh…..dah setahun ini ngejogrok di teras rumah….dan baru beberapa minggu ini mulai di jalanin lagi …karena dah lama ngk nyala jadi banyak part yang harus di ganti…..mudah2 an tahun depan kymco masuk indonesia lagi…biar si metica punya temen…..heheheh……

  30. Pak Kelimbi dan Pak Abi apa khabar?

    Kalau spare parts Kymco Metica banyak Pak jangan takut, kalau gak ada juga banyak yg jual persamaannya mulai dari beltnya dan lain2. Kebetulan saya sudah liat nih Pak Spesifikasi Vario Techno 125 dengan Kymco Metica 125 ternyata gak jauh beda alias nyaris sama persis. Perbedaanya hanya di kompress1 honda 11 : 1 dengan system PGM – F1 nya, sedangkan Kymco Metica kompresinya 9,2 : 1 kalau type mesin sama2 SOHC 4 langkah, diameter langkah dan kapasitas mesin relatif sama. Jadi jangan khawatir Pak ternyata honda yg baru aja pakai ilmu Kymco Metica untuk motor matik. Hanya dengan system pgm-f1 nya dia bisa lebih irit sampai 52,1 km perliternya

  31. Pak Kelimbi, kalau ada masalah dengan spare parts call saya aja di 085320382530. Insya Allah saya bisa bantu. Saya juga sekarang punya Metica 2001. Kondisinya Alhamdulillah bagus banget Pak. Kebetulan saya dapetnya mulus Pak jadi dipakenya ok banget.

  32. dear kymco,
    saya punya kymco Free LX, masalahnya, sekarang motor saya sangnat goyang, apa ya masalahnya ya.. ? mohon bantuannya.

    terima kasih.

    rgds,

    wahyu

  33. Pak Soetan terimakasih infonya, pasti secepatnya sy telp bapak ya,
    Pak Abi terimakasih banyak infonya….
    KYMCO kamu tuh mungkin sebenarnya diciptakan bukan utk jadi sepeda motor…… tapi kursi lembut berjalan yang bisa mengantarkan kita kemana saja…

  34. Pak Wahyudi, waktu itu saran saya coba diganti aja ban nya dulu yang depan Pak sama yg baru. Saya juga dulu gitu, waktu pakai metica dipake gak enak,goyang2 terus. Akhirnya saya ganti bannya dg yang baru, ternyata udah enak lagi gak ada goyang2. Jadi coba dulu Pak dengan ganti ban depan. Kalau saya sekrg ganti dengan mizzle, jadi enak pak gak goyang lagi.

  35. mas aku punya motor kymco jenisnya gak jelas juga tapi kick staernya dah rompang dimana ya spare part buat kymco saya haduhh bt bt bt bt jkk ko murah im aku ya bang ato kalo enggak im via id camfrog aja ya heee.. id nya ph1l1ps

  36. ane mau jual kymco easy 2002, modifikasi paddock bike nicky hyden,,, cat baru, ban baru,, posisi bandung, more info: 085624499909