Dok. Foto: steamtechsystems.nz
0
209

Lagi Ramai, Cuci Motor Pakai Uap

Ada tren baru dalam dunia otomotif sepeda motor yakni mencuci sepeda motor menggunakan uap. Meski sebenarnya bukan metode baru, tetapi cuci motor dengan uap ini sebelumnya belum banyak diterapkan pada sepeda motor.

Kelebihan utama dari cuci uap ini adalah lebih hemat air tentunya. Selain itu, cuci uap diklaim juga lebih bersih dari mencuci sepeda motor menggunakan air. Hal ini dikarenakan mencuci motor dengan uap lebih bisa menjangkau sudut-sudut sempit.

Cuci uap sendiri bukan berarti tidak menggunakan air sama sekali. Cuci motor menggunakan uap tetap memakai air. Bedanya air tidak langsung disemprotkan ke sepeda motor yang dicuci tapi terlebih dahulu dipanaskan menggunakan boiler.

Dari boiler inilah kemudian bisa diatur kelembapan yang diinginkan. Selain itu juga bisa menghasilkan uap kering dan uap basah yang digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran pada sepeda motor.

Mencuci motor sendiri cenderung menggunakan uap basah. Uap basah ini merupakan campuran sedikit air dengan uap yang diklaim lebih mudah untuk merontokkan kotoran pada sepeda motor. Sementara uap kering lebih banyak digunakan untuk membersihkan interior mobil.

Untuk jok motor juga digunakan uap basah karena jok motor jauh lebih mudah kering daripada interior mobil yang cenderung lembap.

Sayangnya, belum semua tempat pencucian motor ini sudah dilengkapi dengan metode cuci uap. Jika penasaran, bisa dicoba nih mencuci motormu dengan metode uap di bengkel atau tempat cuci motor yang sudah tersedia ya!