Dok. Foto: Visordown.com
0
340

Mengenal AGV, Brand Helm Yang Identik Dengan Valentino Rossi

Para pecinta MotoGP pasti tahu dan akrab dengan helm merek AGV. Pasalnya, helm ini identik dengan mantan pembalap nomor satu dunia bernomor punggung 46 alias Valentino Rossi.

Rossi sangat lekat dengan helm AGV. Bahkan, produsen helm asal Italia ini sempat membuat helm replika yang pernah dipakai Rossi dan dijual dengan harga Rp 27 juta. Rossi sendiri menggunakan helm AGV tipe Pista GP RR.

Mungkin banyak orang bertanya tentang apa sebenarnya AGV? Mengapa merek helm ini menggunakan nama AGV?

Nah, ternyata AGV itu merupakan kependekan dari Amisano Gino Valenza. Amiso Gina adalah pendiri perusahaan helm ini. Sementara Valenza adalah sebuah kota di Italia tempat helm ini dibuat.

AGV sudah berumur cukup tua, perusahaan ini didirikan sejak 1946 oleh Amisano Gina. Perusahaan ini didirikan di kota Valenza di wilayah Piedmont di Italia.

Awalnya, AGV hanya membuat helm sepeda dan kursi kulit sepeda motor. Berjalan satu tahun, perusahaan membuat inovasi dengan membuat helm motor secara manual agar lebih eksklusif dengan menggunakan bahan kulit sapi.

Perusahaan tersebut terus berkembang pesat. Titik awal karirnya di dunia balap ketika pada 1954, AGV memperkenalkan produk helm pertamanya yang dibuat menggunakan fiberglass. Gebrakan ini sukses membuat AGV merajai skena helm balap.

AGV bahkan mendapat julukan sebagai “King of Helmets Makers (Raja pembuat helm)”. Sebuah julukan yang sangat tepat untuk AGV.

Di MotoGP, bukan hanya Rossi yang mengenakan helm AGV. Ada banyak pembalap lain yang juga mengenakan helm AGV.

Beberapa di antaranya adalah: Pol Espargaro, Jack Miller, Franco Morbidelli, Kenny Roberts, Barry Sheene, Johnny Cecotto, Steve Baker, Angel Nieto. Selain itu banyak pembalap lain dari Moto2, Moto3, Supermoto, dan ajang lainnya yang menggunakan AGV.

Sedikit fun fact, Valentino Rossi pernah dinobat sebagai “Honorary President” dari AGV pada 2008 silam.

Amisano meninggal pada 2009 di usia 89 tahun. Kota Valenza mengadakan pameran khusus sebagai penghormatan dengan ahli warisnya Dainese. Dainese diketahui membeli AGV pada 2007, dua tahun sebelum meninggalnya Amisano.

Penghormatan ini khusus diberikan untuk pria teguh yang memulai membuat helm di basement tersebut. Pameran tersebut bercerita bagaimana AGV didirikan melalui foto-foto vintage kenangan bersama helm AGV. Termasuk oleh para pembalap yang menjadi juara dengan AGV.

Saat ini AGV masih terus menciptakan dan mengembangkan produk-produk helm motor terbaik. Produknya sendiri selalu menjadi incaran banyak bikers.