Modus Kejahatan Baru: Senggol Motor di Jalan Macet
0
114

Modus Kejahatan Baru: Senggol Motor di Jalan Macet

Sebagai pengguna jalan raya, pengguna sepeda motor harus selalu waspada. Bukan hanya soal keselamatan dari kecelakaan, tetapi juga dari kejahatan jalanan. 

 

Ada berbagai bentuk kejahatan jalanan yang sempat populer. Mulai dari begal hingga berbagai modus penipuan. 

 

Belakangan ada kejahatan yang populer di beberapa kota yakni sindikat dengan modus senggol motor saat macet. Biasanya, korban yang jadi incaran adalah yang melintasi pasar, atau jalan macet lainnya. 

 

Salah satu akun Instagram bernama @lambeonlen memberikan contoh video kejahatan jalanan tersebut melalui unggahannya.

Dari video yang diunggah, tampak trik yang dilakukan adalah dengan orang naik motor menyenggol motor di depannya saat jalanan macet. Kejadian ini seolah tak sengaja, kemudian ketika korban menoleh, ada pelaku lain yang mengambil barang korban yang tengah lengah tersebut. 

 

Hal ini penting untuk diketahui oleh pengendara sepeda motor agar bisa terhindar dari aksi kejahatan tersebut. Pelaku biasanya mengincar korban yang meletakkan barang di bagian konsol atau laci terbuka yang biasanya terdapat pada motor skutik. 

 

Cara untuk mencegah aksi tersebut, pertama dengan jangan buru-buru menoleh saat ada motor di belakang menyenggol motor kita. Coba lebih dulu pastikan dari kaca spion kondisi kanan dan kiri. 

 

Jika senggolannya tak membuat motor lecet, baiknya jangan menoleh dan tetap waspada. 

 

Kedua, jangan letakkan barang berharga di konsol atau laci terbuka saat menggunakan motor matic. Barang berharga sebaiknya disimpan di dalam tas. Pasalnya banyak pengendara nekat menyimpan ponsel di tempat tersebut sehingga jadi sasaran empuk maling. 

 

Meski praktis, meletakkan barang berharga di konsol tersebut juga bisa rawan terjatuh saat melewati jalan bergelombang atau polisi tidur. Jadi, sebaiknya laci tersebut hanya untuk menyimpan barang-barang sederhana yang tidak khawatir jatuh seperti uang receh dan sebagainya