Dok. Foto: iNews.id
0
172

Nostalgia Honda Supra, Motor Bebek Idola Semua Orang

Salah satu produk Honda yang sangat sukses di Indonesia adalah Supra. Supra hingga kini terus dimodifikasi dan masih diproduksi dengan berbagai pembaruan.

Meski demikian, produk-produk lawas Supra tetap menempati posisi tertentu di hati masyarakat. Supra sendiri jadi motor bebek paling sukses di Indonesia dengan penjualan fantastis.

Produk Supra pertama kali diproduksi tahun 1997 yang bernama Astrea Supra. Motor ini muncul untuk menggantikan Astrea Grand yang mulai ditinggalkan peminatnya.

Kemunculan Supra langsung menjadi idola. Dengan kapasitas mesin 97,1 cc dan rem tromol, motor ini bisa dibilang bandel dan kuat. Supra mengusung kenyamanan berkendara dan keiritannya. Supra langsung menguasai pasaran sebagai motor bebek dengan penampilan oke dan bensin irit.

Karena penjualan Supra sangat baik di pasaran, Honda pun membuat series dari Supra. Yang pertama muncul adalah Supra X. Supra X diproduksi dari tahun 2001 hingga 2005. Kelebihan Supra X dibanding Supra adalah sudah menggunakan rem cakram.

Produk ketiga setelah Supra X adalah munculnya Supra XX. Supra XX memiliki keunggulan menggunakan akselerasi kopling sehingga lebih macho dan sporty.

Setelah itu, muncullah Supra Fit yang ditargetkan untuk pasar menengah ke bawah. Supra Fit sebenarnya merupakan versi downgrade dari Supra X. Perbedaannya yakni Supra Fit tidak memiliki indikator gear di bagian speedometer. Motor ini juga tak kalah sukses dari produk Supra lainnya, apalagi dengan harganya yang memang dijual sangat terjangkau.

Setelah Supra Fit, kemudian muncullah generasi Supra modern yang bisa dibilang sudah menggunakan teknologi maju. Mulai dari Supra X 125, Supra X 125 Helm-in, hingga yang terbaru Supra GTR 150.