0
1197

Pak Pos Sekarang Pakai Vega ZR

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siapkan 7000 unit motor Vega ZR disc brake sebagai motor transportasi operasional PT Pos Indonesia.

Penandatangan kerjasama antara Yamaha dan PT Pos Indonesia dilakukan di Yamaha DDS Jakarta, Sabtu (5/5).

Sesuai warna khas PT Pos Indonesia, 7.000 unit Vega ZR itu diberi kelir warna oranye metalik. Dalam kontrak kerjasa, branding warna dan penggunaan Vega ZR berlaku selama lima tahun ke depan.

Pengadaan unit Vega ZR dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama meliputi Pulau Jawa dan Madura sebanyak 3.569 unit. Jika diterjemahkan dalam area jaringan Yamaha, mencakup Yamaha DDS 1 (Jabodetabek, Banten, Cikarang), DDS 2 (Bandung, Cirebon), DDS 3 (Semarang) dan Teritorry 4.

Sedangkan tahap kedua meliputi pulau lainnya di luar wilayah tahap pertama sejumlah 3.431 unit Vega ZR. Yamaha menyediakan unit motor Vega ZR melalui diler JG Motor.

”PT Pos Indonesia memilih Vega ZR karena percaya terhadap kualitas motor Yamaha. Khususnya Vega ZR yang tangguh, lincah dan irit. Simpel dan mudah dalam perawatan dan cost perawatan murah. Vega ZR sangat cocok untuk operasional kerja dan desainnya menarik,” ungkap Sutarya, Direktur Marketing Yamaha.

Vice President Sistem & Mutu PT Pos Indonesia, Zulkifli Assagaf mengatakan kerjasama dengan Yamaha ini adalah sejarah baru. “Hari ini sejarah baru PT Pos menggunakan motor Yamaha untuk antaran pos. Kami memilih Yamaha karena kualitas motornya baik sehingga layanan PT Pos dengan Yamaha akan lebih baik lagi. Kinerja antaran pos akan lebih baik karena motor bagus, perawatan mudah dan tidak ada gangguan,” beber Zulkifli.

Motor bebek dipilih PT Pos dalam hal ini adalah Vega ZR juga karena efisiensi dan efektifitas. Dimana PT Pos ingin meningkatkan kinerja antaran pos khususnya di Jabodetabek dan Banten yang presentasenya terendah (95 sampai 97 persen) dibandingkan Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali yang sudah 100 persen bagus kinerja antarannya. Bebek pun lebih cocok untuk masuk gang-gang kecil.

Vega ZR mengusung tagline ”Tangguh, Lincah, Irit”. Tangguh artinya awet dan mudah dalam perawatan, lincah (mudah dan nyaman dikendarai), dan Irit (hemat bahan bakar). Terakhir Vega ZR facelift pada Juni 2011 dan kemunculan awalnya terlihat di booth Yamaha di Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Facelift-nya mengusung warna terbaru yaitu hijau yang lebih sporty dan menarik. Warna lainnya biru, merah, hitam, putih. Ada gear position pada desain speedometer sebagai tanda perubahan gigi dari netral (motor tidak jalan tapi mesin nyala), gigi 1 hingga gigi 4. Posisi gigi motor membantu mereka yang tidak terbiasa mengendarai motor.

Grafis Vega ZR warna hijau berbentuk garis-garis dinamis dan kumpulan monogram tulisan Vega seperti desain batik. Bentuk jok Vega ZR tidak ketinggalan mendapatkan perubahan, sebelumnya berbentuk tabung sekarang pipih untuk keamanan berkendara. Vega ZR juga sudah AHO (automatic headligh on).

Kapasitas mesinnya 113,7 cc 4 tak, SOHC bertenaga 6 KW pada 7.500 rpm dan torsi puncak 8,3 Nm pada 4.500 rpm. Harga on the road wilayah Jakarta dan sekitarnya 12.100.000 rupiah.