Foto: Dok. Motorcycle Law Group
0
440

Penyebab Rem Depan Motor Magel Atau Keras

Rem pada sebuah kendaraan adalah bagian yang sangat vital. Pasalnya ketika sebuah kendaraan berjalan, part pada kendaraan yang bisa membuatnya berhenti melaju hanya sistem pengereman.

Seiring dengan pemakaian, mungkin kalian menemukan tuas rem menjadi terasa keras atau magel saat ditarik atau ditekan. Ketika kondisi tersebut terjadi maka sistem pengereman tidak akan maksimal. 

Penyebab rem yang keras tersebut ada banyak kemungkinannya. Tapi yang paling utama membuat rem tersebut jadi keras adalah kotoran yang mengendap di bagian seal dan juga bagian tonjokan master rem. 

Tidak hanya di bagian master rem aja, tapi bagian kaliper juga bisa bisa menjadi penyebab rem jadi magel. Penyebab utamanya pun sama yaitu kotoran yang mengendap sehingga piston tidak bisa mendorong kanvas rem dengan maksimal.

Karat yang muncul pada bagian cakram pun bisa membuat sistem pengereman jadi tidak maksimal. Ketika karat tersebut terkikis oleh kanvas rem, kotoran karat tersebut bisa membuat rem jadi magel.

Kampas rem yang sudah tipis pun bisa berpotensi membuat rem tidak maksimal. Jika didiamkan lebih lama dan terus dipakai, maka piringan akan termakan dan nantinya rem jadi keras atau bahkan blong.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah rem cakram depan yang keras? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rem depan yang keras.  

Jika rem keras karena kotoran atau debu, kita bisa membersihkannya dengan membuka kaliper pada piringan cakram. Setelah kaliper terlepas barulah kita semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot kita bisa menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair atau bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk rem. Setelah bersih kita tinggal memasang keposisi semula.

Namun ketika yang menyebabkan rem macet karena karat, tentunya kita harus membersihkan karat tersebut. Untuk mengatasinya kita bisa membuka kaliper pada piringan cakram. Setelah lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih. Setelah karat hilang, kita tinggal olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.