Dok. Foto: Piaggio
0
254

Piaggio Akan Pasang Airbag di Model MP3

Piaggio memiliki langkah apik untuk meningkatkan keselamatan penggunanya.

Dengan menggandeng Autoliv, Piaggio bakal mengambangkan sistem airbag yang nantinya akan dipasang di skutik tiga rodanya, Piaggio MP3. Piaggio dan Autoliv dikabarkan sudah menjalin kerja sama sejak ajang EICMA 2021.

Jika langkah ini berhasil, Piaggio akan menjadi pabrikan motor kedua yang mematenkan hasil desain untuk memasang airbag pada sepeda motor. Untuk pabrikan pertama yang mendaftarkan paten ini yakni Honda yang memasangkan airbag pada motor Gold Wing.

Autoliv sendiri memang dikenal sebagai perusahaan yang memiliki fokus pada teknologi airbag. Dukungan Piaggio tentunya akan memudahkan Autoliv mengimplementasikan mimpi produksi airbag pada sepeda motor yang bisa dipasarkan secara umum.

Dok. Foto: Autocar India

Dari segi desain, airbag dari Autoliv dan Piaggio ini berbentuk komponen yang besar. Komponen ini bisa dilipat dan ditempatkan di belakang fairing, tepat di bawah setang.

Soal sistem kerjanya mirip dengan airbag mobil. Bedanya, airbag ini berada di belakang penutup yang dapat terbuka dalam hitungan milisecond saat airbag dipompa oleh generator gas kimia bertenaga listrik.

Autoliv dan Piaggio ini telah membuat celah penutup pada airbag tersebut. Saat sedang bekerja, airbag akan mengembang untuk mengamankan tubuh bagian atas dan kepala pengendara.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut nih kapan airbag ini bakal resmi bisa disematkan pada model MP3.