2
814

Stoner Bayar Kekalahannya di Laguna Seca

GILAMOTOR.com. – GP Amerika yang digelar di sirkuit kebanggaan Amerika Serikat, Laguna Seca pada Minggu (24/7) atau Senin dini hari WIB, menjadi milik Stoner. Mengakhiri hasil kurang memuaskan saat kualifikasi dan beberapa seri sebelumnya yang sempat dikalahkan oleh Lorenzo, Stoner berhasil membayarnya dengan menjadi juara di Laguna Seca.

Sejak balapan dimulai, trio Honda terus menempel ketat pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo yang start di posisi terdepan dan terus memimpin hingga lebih dari separuh lomba. Namun memasuki paruh balapan, hanya Stoner dan Pedrosa yang mampu menempel ketat sang juara dunia, Lorenzo.

Hingga balapan menyisakan 15 putaran menjelang finish, Stoner mulai memacu motornya lebih kecang dan berhasil melewati Pedrosa untuk berada di belakang Lorenzo. Selama 17 putaran, Stoner seperti sengaja berada di belakang Pedrosa untuk mengamankan ban motornya sebelum mengambil alih posisi Pedrosa dan Lorenzo.

Setelah berhasil mempecundangi rekan satu tim nya, Stoner terus memperpendek jarak dengan Lorenzo yang berada 1 detik di depannya. Hingga balapan menyisakan 8 putaran, Stoner makin menempel Lorenzo dan nyaris melewatinya saat Lorenzo terlalu melebar di tikungan, namun Lorenzo berhasil mempertahankan posisinya di urutan pertama.

Dua lap kemudian, Stoner berhasil melewati Lorenzo di trak lurus dan terus bertahan di posisi pertama.

Sebelum melewati Lorenzo, terlihat jelas bahwa selain mengandalkan kecepatan di trak lurus, Stoner juga mengandalkan strategi late braking untuk memperpendek jaraknya dari Lorenzo. Sementara Lorenzo berusaha menjauh dengan membejak gas saat keluar dari tikungan. Namun strategi Stoner mampu bekerja dengan baik hingga balapan menyisakan 6 putaran, Stoner berhasil memimpin.

Jaraknya makin tak terkejar oleh Lorenzo. Dua lap kemudian, Stoner berhasil mempebesar gap 2 detik di depan Lorenzo. Bahkan hingga menjelang akhir balapan Stoner terus melebar hingga 4 detik di depan Lorenzo.

Pedrosa yang sepertinya masih ternganggu oleh bekas cidera patah tulang selangka kanannya tak mampu berbuat banyak dan bertahan di posisi 3. Bahkan setelah Stoner melewatinya, jaraknya semakin jauh di belakang. Dan dia harus puas finish di posisi ke 3.

Di sisi lain, pertarungan sengit juga terjadi pada perbutan posisi ke 4 antara pebalap Yamaha dan Honda, Ben Spies dan Andrea Dovizioso. Spies yang sebelumnya sempat berduel dengan Rossi, dengan mudah melewati Dovizioso di 2 putara menjelang finish. Dan pebalap asal Amerika itu mampu mempertahankan posisinya dengan finish di urutan ke 4 disusul Dovizioso di urutan ke 5.

Valentino Rossi yang start di posisi 7, berhasil memperbaiki posisinya satu tingkat dengan finish di urutan ke 6 dan disusul rekan satu timnya, Nicky Hayden.

Dengan hasil ini, Stoner mampu mempertahankan posisinya di urutan pertama klasemen sementara MotoGP 2011.

1. Stoner
2. Lorenzo
3. Pedrosa
4. Spies
5. Dovizioso
6. Rossi
7. Hayden
8. Edwards
9. Barbera
10. Aoyama
11. Abraham
12. Capirossi
13. Elias

Penulis/Foto :@jayadi72/MotoGP

2 COMMENTS

  1. Stoner ;)ꪪγ‎​.
    Rossi kmn ɑ̤̥̈̊j̶̲̥̅̊​A̶̲̥̅̊ lo..?