0
898

Tes Hari 1, Rossi Tak Mau Ngoyo Catat Waktu Tercepat

GILAMOTOR.com, Sepang. – Kendati hasil akhir pada tes hari pertama pra-musim MotoGP 2011 di Sepang (22/2) Rossi hanya berada di posisi sembilan, namun juara dunia sembilan kali ini yakin akan mampu menjadi penantang di depan bersama Ducati GP11.

Pada tes yang digelar dalam empat sesi, Rosi sempat bertengger di posisi lima dan enam pada sesi tes ke dua dan tiga. Meski hasil akhir membawanya ke posisi sembilan, pebalap asal Italia ini mengaku senang.

“Saya sangat senang dengan hasil ini. Ini berarti kami telah mengalami sedikit peningkatan. Bahu saya juga sedikit lebih baik dan saya bisa berkendara dengan baik,” kata Rossi.

Namun demikian, mantan pebalap Yamaha ini mengakui bahwa pada tes pra-musim kedua kemarin dirinya masih jauh dari kondisi sepenuhnya fit.

“Tapi jelas terjadi peningkatan dari tes terakhir dan motor pun telah mengalami peningkatan juga. Kami telah memutuskan cara untuk bekerja karena kami memiliki keraguan antara dua setingan yang berbeda dan hari ini satu motor lebih cepat dari motor yang satunya. ”

Salah satu pendukung peningkatan hasil tes adalah pemilihan ban keras. Kendati pada awalnya Rossi kesulitan saat menggunakannya.

“Motor menjadi lebih baik tapi itu tidak cukup karena kami bisa membuatnya menjadi lebih baik lagi, tapi saya senang dengan penggunaan ban keras. Sekarang kami bisa menggunakan ban keras seperti Yamaha dan Honda dan ini sangat bagus, karena dalam balapan panjang pada cuaca panas kami membutuhkan ban keras. Dan saya sedikit khawatir pada akhir tes tentang masalah ini saat cuaca mulai sedikit dingin di sore hari.”

“Kami sedikit memodifikasi bagian belakang namun itu masih belum fantastis, justeru pada akhir tes itu adalah bencana,” kata Rossi.

Hasil akhir membawa Rossi pada urutan sembilan waktu tercepat dengan perbandingan waktu satu detik dibawah catatan waktu Casey Stoner yang menempati posisi pertama. Namun hasil pada sesi kedua dan ketiga yang menempatkan Rossi diurutan ke lima dan enam, dianggap Rossi telah sesuai dengan target untuk berada di enam besar.

Pada akhir tes, Rossi mengaku tak mau ngoyo untuk mecatatkan waktu yang lebih baik lagi dengan merubah ban yang lebih lembut. Karena menurutnya, target pada tes hari pertama itu telah terpenuhi.

“Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan tapi saya cukup yakin karena di akhir semua orang mencoba untuk mengejar waktu. Tapi aku tidak mencobanya karena saya merasa sedikit lelah, tapi jika saya melakukan untuk mengejar waktu dengan ban lebih lembut, saya yakin saya bisa mencapai posisi lebih dekat ke puncak,” tandas Rossi.

Penulis/Foto : Jay/MotoGP