Dok. Foto: Astra-honda.com
0
126

Tips Aman Touring Pakai Moge

Salah satu tujuan memiliki motor gede atau yang sering disebut moge adalah digunakan untuk touring. Touring dengan moge diyakini memiliki sensasi sendiri yang bikin adrenalin terpacu. Hal ini lantaran moge umumnya memiliki tenaga yang besar.

Bagi biker yang ingin touring dengan moge, ada beberapa hal yang harus dipahami. Salah satu yang sangat dibutuhkan adalah konsentrasi tinggi.

Berikut ini beberapa tips aman touring dengan moge:

1. Biasakan Diri

Sebelum memutuskan untuk touring dalam jarak yang jauh, lakukan adaptasi lebih dulu. Berkendaralah dengan moge milikmu di dalam kota sebagai pemanasan dan ajang pembelajaran.

City ride ini sangat penting sebagai bekal untuk memastikan apakah sudah siap untuk memulai touring dalam jarak tertentu. Disarankan untuk touring jarak menengah 100-300 km terlebih dahulu sebelum menempuh jarak yang lebih jauh.

2. Pelajari Safety Riding

Jangan sepelekan tentang keamanan berkendara. Untuk lebih yakin baiknya mengikuti kelas safety riding. Dengan kelas safety riding, biker bakal lebih tahu tentang teknik-teknik keamanan dalam berkendara moge.

3. Lakukan Pemanasan

Sebelum melakukan touring baiknya pemanasan terlebih dahulu, cukup 5-7 menit. Pemanasan ini penting agar otot-otot di badan tidak kaku sehingga mampu menempuh jarak jauh saat touring.

Selain itu, baiknya rutin berolahraga beberapa minggu atau bulan sebelum touring. Tujuannya untuk mempersiapkan fisik agar tak sakit saat dalam perjalanan touring.

4. Pastikan Perlengkapan Touring Aman

Jangan gunakan sembarang perlengkapan touring. Pastikan menggunakan perlengkapan yang sesuai standar dan keamanannya terjamin. Misalnya untuk helm, gunakan helm yang sesuai untuk pengendara moge yakni yang mampu digunakan dalam kecepatan tinggi.

5. Sopan di Jalan

Etika sangat penting saat melakukan touring karena menyangkut dengan pengendara lain. Hormati pengguna jalan lain dan hindari sikap arogan di jalanan.

Selain itu, pastikan beristirahat dulu setelah menempuh 2-3 jam perjalanan agar konsentrasi tetap terjaga.